2 Pesan Paus Fransiskus untuk Indonesia: Bersatu dan Jaga Ikatan Persaudaraan

Paus Fransiskus berharap agar Indonesia dapat tetap menjaga ikatan persaudaraan di tengah berbagai perbedaan.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 05 Sep 2024, 11:02 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 11:02 WIB
Warga Mulai Padati Area Masjid Istiqlal Jelang Kedatangan Paus Fransiskus
Diketahui, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta - Paus Fransiskus mengirimkan dua pesan utama untuk Indonesia, negara yang dikenal akan keberagamannya.

Pesan ini disampaikan dalam kunjungannya ke Masjid Istiqlal, Kamis (5/9/2024) sekitar pukul 10.00 WIB.

Persatuan dan perdamaian memang menjadi fokus utama dalam kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ke Indonesia.

Pesan pertama yang disampaikan Paus Vatikan ke-266 itu adalah untuk selalu melihat secara mendalam.

"Karena hanya dengan cara ini, kita dapat menemukan apa yang dapat menyatukan meski ada perbedaan," tutur dia di hadapan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Ia menyebut bahwa masih banyak orang yang terperangkap dalam perspektif keagamaan masing-masing.

"Kita dapat mengatakan bahwa apa yang terletak 'di bawah', apa yang mengalir di bawah tanah seperti Terowongan Persahabatan, adalah satu akar yang sama bagi semua kepekaan agama," lanjut Paus Fransiskus.

"Di sini, mari kita ingat bahwa dengan melihat secara mendalam, memahami apa yang mengalir di hidup kita, keinginan untuk bersemayam di kedalaman hati kita, kita menemukan bahwa kita semua adalah saudara dan saudari, semua peziarah, semua sedang dalam perjalanan menuju Tuhan, melampaui apa yang membedakan kita."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjaga Ikatan Hubungan

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyambut Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024).
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyambut Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024). (tangkapan layar youtube Liputan6)

Kedua, menjaga ikatan hubungan antar umat beragama.

"Terkadang kita berpikir bahwa pertemuan antar agama adalah masalah mencari titik temu antara doktrin dan kepercayaan agama yang berbeda, apa pun risikonya. Namun, pendekatan seperti itu dapat berakhir dengan memecah belah kita, karena doktrin dan dogma setiap pengalaman keagamaan berbeda," tuturnya.

"Yang benar-benar mendekatkan kita adalah menciptakan hubungan di tengah keberagaman, menumbuhkan ikatan persahabatan, kepedulian, dan timbal balik. Hubungan ini menghubungkan kita dengan orang lain, memungkinkan kita untuk berkomitmen mencari kebenaran bersama, belajar dari tradisi agama orang lain, dan berkumpul untuk memenuhi kebutuhan manusiawi dan spiritual kita."

Paus Fransiskus mengatakan bahwa dengan menjaga ikatan persaudaraan, itu akan memungkinkan umat manusia untuk bekerja sama mempertahankan martabat manusia, memerangi kemiskinan dan mengupayakan perdamaian.

"Persatuan lahir dari ikatan persahabatan pribadi serta rasa saling menghormati dan membela gagasan orang lain dan tempat-tempat suci mereka," ungkap dia.

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya