Taliban Tangguhkan Kampanye Vaksinasi Polio di Afghanistan, PBB: Bencana Besar

Afghanistan adalah salah satu negara yang memiliki potensi dalam penyebaran penyakit fatal, termasuk masalah polio.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 19 Sep 2024, 14:03 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 14:03 WIB
Menengok Anak-Anak Afghanistan di Tempat Pembuangan Sampah
Anak-anak mencari barang-barang plasatik di tempat pembuangan sampah di Kabul, Afghanistan (15/12/2019). Menurut statistik PBB, Afghanistan adalah salah satu negara termiskin di dunia di mana anak-anak menjadi sasaran kemiskinan dan kekerasan ekstrem setiap hari. (AP Photo/Altaf Qadri)

Liputan6.com, Kabul - Taliban telah menangguhkan kampanye vaksinasi polio di Afghanistan, kata PBB pada Senin (16/9/2024).

Ini merupakan kemunduran dan bencana besar bagi upaya pemberantasan polio, karena virus tersebut merupakan salah satu virus yang paling menular di dunia.

Jika kelompok anak-anak yang tidak divaksinasi, virus menyebar dapat membatalkan kemajuan yang telah dicapai selama bertahun-tahun.

Afghanistan merupakan salah satu dari dua negara yang penyebaran penyakit yang berpotensi fatal dan melumpuhkan ini tidak pernah dihentikan. Demikian dikutip dari Japan Today, Kamis (18/9).

Negara lainnya adalah Pakistan. Kemungkinan besar keputusan Taliban akan berdampak besar bagi negara-negara lain di kawasan tersebut dan sekitarnya.

Berita tentang penangguhan tersebut disampaikan kepada badan-badan PBB tepat sebelum kampanye imunisasi bulan September dimulai.

Tidak ada alasan yang diberikan untuk penangguhan tersebut, dan tidak seorang pun dari pemerintah yang dikendalikan Taliban dapat segera memberikan komentar.

Seorang pejabat tinggi dari Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa mereka mengetahui adanya diskusi untuk tidak lagi melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah dan sebagai gantinya melakukan imunisasi di tempat-tempat seperti masjid.

WHO telah mengonfirmasi 18 kasus polio di Afghanistan tahun ini, semuanya kecuali dua di wilayah selatan negara tersebut. Jumlah tersebut meningkat dari enam kasus pada tahun 2023.

"Inisiatif Pemberantasan Polio Global menyadari adanya diskusi kebijakan terkini tentang peralihan dari kampanye vaksinasi polio dari rumah ke rumah ke vaksinasi dari lokasi ke lokasi di beberapa wilayah Afghanistan," kata Dr. Hamid Jafari dari WHO.

"Para mitra sedang dalam proses mendiskusikan dan memahami cakupan dan dampak dari setiap perubahan kebijakan saat ini."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kampanye Vaksinasi di Pakistan

Gerakan Anti-Polio Pintu ke Pintu di Pakistan
Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak di Karachi, Pakistan, Senin (23/5/2022). Pakistan meluncurkan upaya anti-polio baru pada hari Senin, lebih dari seminggu setelah pejabat mendeteksi kasus ketiga tahun ini di wilayah barat laut negara itu yang berbatasan dengan Afghanistan. (AP Photo/Fareed Khan)

Kampanye polio di negara tetangga Pakistan sering kali dirusak oleh kekerasan. Militan menargetkan tim vaksinasi dan polisi yang ditugaskan untuk melindungi mereka, dengan klaim keliru bahwa kampanye tersebut merupakan konspirasi Barat untuk mensterilkan anak-anak.

Baru-baru ini pada Agustus 2024, WHO melaporkan bahwa Afghanistan dan Pakistan terus menerapkan "kampanye intensif dan tersinkronisasi" yang berfokus pada peningkatan cakupan vaksinasi di zona endemis dan respons yang efektif dan tepat waktu terhadap deteksi di tempat lain.

Selama kampanye nasional pada Juni 2024, Afghanistan menggunakan strategi vaksinasi dari rumah ke rumah untuk pertama kalinya dalam lima tahun, sebuah taktik yang membantu menjangkau sebagian besar anak yang menjadi sasaran, kata WHO.

Namun provinsi Kandahar selatan, basis pemimpin tertinggi Taliban Hibatullah Akhundzada, menggunakan kampanye vaksinasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu masjid ke masjid lainnya, yang kurang efektif dibandingkan dengan mendatangi rumah-rumah warga.

Kandahar terus memiliki banyak anak yang rentan karena tidak melaksanakan vaksinasi dari rumah ke rumah, kata WHO. "Keterlibatan perempuan secara keseluruhan dalam kampanye vaksinasi masih sekitar 20 persen di Afghanistan, yang menyebabkan akses yang tidak memadai untuk semua anak di beberapa daerah," katanya.

 


Masalah dan Risiko Pembangunan

Imunisasi Polio di Pakistan
Seorang anak msaat diberikan vaksin polio oleh pekerja kesehatan di Lahore, Pakistan, (9/4). Pakistan meluncurkan vaksinasi polio baru, yang bertujuan agar 38,7 juta anak di bawah usia 5 tahun mendapatkan vaksin tersebut. (AP Photo/KM Chaudary)

WHO mengatakan, setiap kemunduran di Afghanistan menimbulkan risiko bagi program di Pakistan karena tingginya pergerakan penduduk.

Penghentian sementara kampanye adalah hambatan terbaru dalam apa yang telah menjadi upaya global yang bermasalah untuk menghentikan polio. Inisiatif tersebut, yang menghabiskan biaya sekitar USD 1 miliar setiap tahun, telah melewatkan beberapa tenggat waktu untuk memberantas penyakit tersebut dan kesalahan teknis dalam strategi vaksinasi yang ditetapkan oleh WHO dan mitranya telah merugikan.

Vaksin oral juga secara tidak sengaja telah menimbulkan wabah di puluhan negara di Afrika, Asia, dan Timur Tengah dan kini menjadi penyebab utama kasus polio di seluruh dunia.

Hal ini terlihat baru-baru ini di Gaza, di mana seorang bayi lumpuh sebagian akibat mutasi strain polio yang pertama kali terlihat pada vaksin oral, yang menandai kasus pertama di wilayah tersebut dalam lebih dari 25 tahun.

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya