Polisi Italia Pecahkan Tulisan Rahasia Mafia

Kode tersebut ditulis dalam huruf khusus yang dirancang oleh anggota 'Ndrangheta. Campuran huruf Arab, Cyrillic dan China.

oleh Elin Yunita Kristanti diperbarui 10 Jan 2014, 12:14 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2014, 12:14 WIB
kode-mafia-140110b.jpg
Mafia atau kelompok kejahatan terorganisir punya cara untuk menjaga rahasia mereka. Salah satunya dengan kode-kode khusus yang hanya diketahui para mafioso.

Baru-baru ini Kepolisian Italia mengklaim telah memecahkan teks yang berkode misterius milik mafia. Dokumen tersebut ditemukan selama investigasi pembunuhan tingkat tinggi di Roma Januari tahun lalu.

Tiga lembar kertas catatan yang ditulis tangan ditemukan bersama senjata dan amunisi.

Kode tersebut ditulis dalam huruf khusus yang dirancang oleh anggota 'Ndrangheta, jaringan kriminal yang berbasis di wilayah Calabria, di selatan Italia. 'Ndrangheta disebut -sebut sebagai penyelundup kokain terbesar di Eropa.

'Ndrangheta sekarang bahkan diperhitungkan sebagai kelompok mafia paling kuat di Italia setelah menyalip Cosa Nostra Sisilia. Jaringan ini beroperasi di seluruh Eropa dan memiliki hubungan dengan kartel narkoba Kolombia .

Ini adalah kali pertamanya kode semacam itu ditemukan di wilayah Roma.

"Temuan dokumen tersebut menunjukkan, meski mereka menjalankan bisnis besar, menjadi organisasi kriminal dengan skala global, mereka masih menggunakan sistem kuno," kata Renato Cortese, kepala unit reaksi cepat kepolisian Roma, seperti dimuat BBC, 9 Januari 2014.

Dua polisi yang gemar dan punya kemampuan memecah kode dan teka-teki silang menghabiskan berminggu-minggu untuk memecahkan kode itu. Yang huruf-hurufnya mirip campuran huruf Arab, Cyrillic dan China.

Jadi pesan apa yang terkandung dalam kode itu?

Menurut polisi, itu menguak detail inisiasi rahasia mafia. Kode yang ditemukan disebut sebagai bagian dari proses penyumpahan yang digunakan saat anggota baru bergabung dalam klan mafiosi yang dikenal dengan "San Luca'.

"Isinya pada dasarnya adalah kalimat yang harus dibaca seseorang untuk menjadi bagian dari 'Ndrangheta," kata Cortese.

Dokumen tersebut memberi petunjuk soal aura kuasi-mistis yang diciptakan para mafioso saat mengambil anggota baru.

Teks tersebut kaya atas simbol dan mendeskripsikan bagaimana untuk mengenali mafioso -- dengan membaca tanda-tanda di sekitarnya.

Terkait pesan rahasia, sebelumnya, kelompok mafia Italia menggunakan acara sepakbola populer di televisi untuk mengirim pesan rahasia kepada pemimpin mereka yang di penjara. Tanpa disadari pihak televisi.

Pesan itu berbunyi: Quelli Che il Calcio. Mirip dukungan untuk tim bola, namun sejatinya sebuah pemberitahuan: "Bos, semua baik-baik saja." (Ein/Mvi)

Baca juga:

Misteri `Cicada 3301`, Konspirasi Freemason atau Rekrutmen M16?
Perangi Korupsi, Paus Fransiskus Terancam Dibunuh Mafia?
Pengakuan Bos Mafia Penebar Racun Kanker yang `Tobat`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya