Odih `Simpan` Batu Kandung Kemih Sebesar Bola Hampir 40 Tahun

Seorang warga Bogor bernama Odih (48) memiliki batu kandung kemih seberat 2 kilogram. Kondisi ini tentu membuat heboh rumah sakit PMI Kota B

oleh Bima Firmansyah diperbarui 03 Apr 2014, 13:00 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2014, 13:00 WIB
Odih `Simpan` Batu Kandung Kemih Sebesar Bola Hampir 40 Tahun
(Liputan.com/Bima Firmansyah)

Liputan6.com, Jakarta Seorang warga Bogor bernama Odih (48) memiliki batu kandung kemih seberat 2 kilogram. Kondisi ini tentu membuat heboh rumah sakit PMI Kota Bogor. Ternyata, penyakit yang dialami Odih sudah hampir 40 tahun.

"Odih mengaku sudah merasakan sakit saat kencing dan pernah keluar batu sebesar biji pepaya dan kadang berdarah sejak umur 10 tahun," jelas dokter spesialis urologi yang menangani Odih, dr Laura Sitanggung Mapendri S.Po, ditulis Kamis (3/4/14).

Odih yang berprofesi sebagai tukang ojeg dan penjaga sekolah tersebut memang jarang minum air putih. Dia mengaku hanya minum 2-3 gelas per hari. Selain itu, status sosial dan juga tingkat pendidikan yang rendah membuat Odih tidak memperhatikan kondisi kesehatannya sehingga ia jarang melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Pas datang ke rumah sakit si pasien sudah tidak bisa buang air kecil," ungkapnya.

Dokter Laura mengatakan, butuh waktu 2 jam untuk mengangkat batu kandung kemih tersebut. Batu kandung kemih berukuran seperti bola sepak takraw tersebut berwarna cokelat seperti batu alam. Dokter juga berhasil mengangkat serpihan batu kandung kemih lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya