Perangi MERS-CoV, Arab Saudi Dirikan Pusat Virus Korona

Salah satunya dengan mendirikan pusat korona virus, dan memperkenalkan sejumlah paket kesehatan baru.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 16 Mei 2014, 10:02 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2014, 10:02 WIB
Perangi MERS-CoV, Arab Saudi Dirikan Pusat Korona Virus
Salah satunya dengan mendirikan pusat korona virus, dan memperkenalkan sejumlah paket kesehatan baru.

Liputan6.com, Riyadh Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang kian hari kian mengkhawatirkan membuat pemerintah Arab Saudi melakukan beragam cara demi memerangi penyakit mematikan ini. Salah satunya dengan mendirikan pusat korona virus, dan memperkenalkan sejumlah paket kesehatan baru.

"Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan membantu Departemen Kesehatan untuk meningkatkan prosedur pencegahan terhadap penyebaran infeksi sekaligus meningkatkan kesiapan dalam sektor kesehatan, untuk menghadapi tantangan besar di masa depan," kata Menteri Kesehatan, Adel Fakeih.

Seperti dikutip laman Arab News, Jumat (16/5/2014), Adel menjelaskan bahwa proses ini untuk memastikan sektor kesehatan di seluruh wilayah pemeritahan sesuai dengan pedoman praktik terbaik internasional untuk melindungi seluruh pasien dan masyarakatnya.

Pusat korona virus ini nantinya, terdiri dari menara pengontrol, koordinasi lintas kementerian, komite ilmu pengetahuan, dewan penasehat ilmiah, bantuan epidemiologi, pencegahan, dan pengendalian infeksi, peningkatan kapasitas (operasi klinis), data dan analisa, komunikasi, dan laboratorium serta diagnostik.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah Arab Saudi pun akan menyiapkan ilmuwan berkompeten di bidangnya, dokter, serta peneliti. (Adt/Igw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya