Milad ke-51 HMI Selenggarakan Donor Darah

Kurang lebih sekitar 30 kantong darah akhirnya terkumpul pada siang itu. Kegiatan donor darah ini untuk memperingati Milad HMI ke-51

oleh Liputan6 diperbarui 16 Okt 2014, 11:24 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2014, 11:24 WIB
Ilustrasi Donor Darah
Ilustrasi Donor Darah (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta Puluhan orang nampak sedang berkumpul di salah satu sudut Mall Manado Town Square. Mereka ternyata sedang berdonor darah pada kegiatan yang dilakukan oleh LKMI HMI Cabang Manado. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 1 siang pada hari kamis (16/10/2014).

Kurang lebih sekitar 30 kantong darah akhirnya terkumpul pada siang itu. Kegiatan donor darah ini diselenggarakan untuk memperingati Milad LKMI HMI ke-51. Hal ini sebagai salah satu wujud kepedulian LKMI HMI kepada masyarakat yang membutuhkan. Tema yang diangkat pada siang itu adalah memberikan darah, memberikan kehidupan (Give Blood, Give Life). Direktur LKMI HMI Cabang Manado, Fakhrurrozy, menyatakan bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pendonor.

“Melakukan donor darah baik untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menjaga kesehatan jiwa, dan dapat mendeteksi adanya penyakit serius”, jelas Fakhrurrozy.

Selain di kota Manado, kegiatan donor darah tersebut juga terlaksana di halaman parkir Biro Rektor USU, Medan. Donor darah di daerah tersebut diselenggarakan oleh LKMI HMI Cabang Medan bersama PMI Medan. Direktur LKMI HMI Cabang Medan, Arianta Sitepu, menjelaskan pentingnya kegiatan-kegiatan donor darah seperti ini.

“Sama-sama kita ketahui bahwa setetes darah sangat membantu untuk saudara kita yang membutuhkan. Donor darah seperti ini sedang dilakukan oleh teman-teman LKMI Se-Indonesia. Semoga harapan kedepannya, LKMI dapat lebih baik dalam menjalankan kegiatan dan aksinya, serta kritis menanggapi permasalahan kesehatan Indonesia”, jelasnya.

Di tempat terpisah, Ketua Panitia Pusat Kegiatan Milad LKMI HMI, Taufan Tuarita, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu rangkaian Peringatan Milad LKMI HMI Ke-51.

“Momentum milad kali ini memang kami rayakan dengan menghimbau teman-teman LKMI HMI Cabang se-Indonesia untuk menyelenggarakan donor darah secara serentak. Selain donor darah yang dilakukan di berbagai daerah se-Indonesia, Bakornas LKMI PB HMI sebagai Pengurus Pusat LKMI HMI juga telah melakukan beberapa kegiatan lain seperti sarasehan dan diskusi publik tentang kesehatan perempuan”, Jelas Taufan.

Direktur Bakornas LKMI PB HMI, Ardiansyah Bahar, menjelaskan pentingnya organisasi mahasiswa seperti LKMI HMI melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti donor darah ini. Dia menjelaskan bahwa momentum Milad LKMI pada tahun ini memang diperingati dengan berbagai rangkaian kegiatan yang diharapkan dapat memperkuat peran dan fungsi LKMI HMI dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“LKMI HMI merupakan organisasi mahasiswa yang seluruh anggotanya dari kalangan pemuda. Oleh karena itu, LKMI HMI mestinya dapat menjadi pelopor untuk mendorong peran serta para pemuda dalam membangun kesehatan bangsa ini. Pemuda yang sehat tentu akan memiliki produktivitas yang tinggi. Produktivitas di sini bukan hanya terkait dengan aspek ekonomi, namun segala hal terkait karya yang membuat masyarakat berdaya dalam memajukan bangsa”, jelas Ardiansyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya