Peran Ayah Bangun Karakter Anak Laki-laki

Ayah memiliki pengaruh besar dalam membentuk karakter anak laki-laki.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 15 Feb 2015, 08:00 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2015, 08:00 WIB
Pentingnya Pengasuhan Ayah Bangun Karakter Anak Laki-laki
Foto: londonmumsmagazine.com

Liputan6.com, London Pada umumnya, ibu memiliki porsi pengasuhan lebih besar terhadap anak dibandingkana ayah. Namun, bagi Anda yang memiliki anak laki-laki, coba biarkan ayah memiliki porsi lebih banyak dalam mengasuh anak. Pengasuhan ayah memiliki pengaruh besar daripada ibu dalam membentuk karakter anak laki-laki.

Oleh karena itu, para pakar pengasuhan anak mengingatkan kepada para ibu agar tidak posesif terhadap anak laki-laki dan membiarkan ayah menjadi sosok figur yang kuat di hadapan anak laki-laki.

"Tanpa seorang figur ayah yang kuat, anak laki-laki bisa kesulitan dalam mengekspresikan emosi mereka sebagai sosok laki-laki. Mulai dari menangani kekuatan fisik, belajar menghargai diri sendiri dan orang lain," terang ahli parenting, Noël Janis-Norton dalam buku terbarunya Calmer, Easier, Happier Boys.

Penulis mengungkapkan bahwa karakter ibu yang cenderung mengalah dan menghindari perkelahian karena khawatir akan terluka dan sesuatu yang rusak tentu berbeda dengan karakter ayah. "Dari ayah, anak bisa belajar mengenai perkelahian sebagai salah satu pembelajaran tentang berkelahi secara adil," tulis Norton dalam buku ini seperti dilansir Daily Mail, Jumat (13/2/2015).

Ayah sebagai sosok laki-laki dewasa juga bisa mengajarkan tentang bagaimana mengontrol diri, belajar tidak kasar, dan meminta maaf jika berbuat sesuatu terlalu jauh. Jadi, ayah jangan hanya sibuk bekerja atau memperbaiki mobil atau peralatan lain tapi berinteraksi dengan anak sambil mengajarkan nilai-nilai hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya