Saat Kesehatan Gigi Berpengaruh pada Alat Vital

pria dengan disfungsi ereksi (ED) ternyata didiagnosis dengan masalah gigi.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 23 Apr 2015, 15:00 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2015, 15:00 WIB
Berkaitan Erat Antara Diabetes dan Disfungsi Ereksi
Foto Ilustrasi

Liputan6.com, Taiwan Banyak yang tidak percaya, bila kesehatan gigi juga memengaruhi alat vital pria. Namun kini, asumsi tersebut dibuktikan oleh penelitian di Taiwan. Dalam studi tersebut, pria dengan disfungsi ereksi (ED) ternyata didiagnosis dengan masalah gigi.

Diberitakan Menshealth, Rabu (22/4/2015) 79 persen pria dengan disfungsi ereksi (ED) memiliki penyakit gusi atau periodontal kronis (CPD). CPD sendiri merupakan peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi (jaringan periodontium).

"Peradangan kronis yang disebabkan oleh penyakit gusi ini dapat merusak sel-sel endotel yang menyebabkan aliran darah ke penis terganggu," kata ahli urologi, Larry Lipshultz, MD.

Untuk mencegah ED, para peneliti menyarankan pencabutan gigi. Tapi ini mestinya jadi saran terakhir. Sebab jika penyakit ini terdeteksi dini, pengobatan sederhana seperti scalling mungkin bisa membantu. Dan pemeriksaan gigi rutin setiap 6 bulan juga dilakukan.

Di sisi lain, penasihat untuk American Dental Association (ADA), Sally Cram J., DDS menyarankan Anda untuk segera ke dokter apabila mengalami gusi bengkak, gusi berdarah ketika menyikat gigi, bau mulut, gigi longgar, dan pengeroposan gigi.

"Hanya sikat gigi selama 2 menit dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride, gunakan dental floss serta pemeriksaan rutin, itu kunci sehat," kata Dr. Cram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya