Family Time, Kunci Sukses Keluarga Harmonis

Waktu bersama keluarga atau yang lebih sering disebut "Family Time" merupakan kebiasaan yang wajib untuk dilakukan setiap saat.

oleh Bella Jufita Putri diperbarui 02 Jun 2016, 22:00 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2016, 22:00 WIB
Kini Positive Parenting Jadi Pola Asuh yang Tepat
Orangtua moderen kini mendidik anaknya semakin moderen. Dan pola asuh bernama Positive Parenting menjadi cara yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Mengelola hubungan keluarga agar tetap rukun dan harmonis membutuhkan usaha yang cukup. Bukan sekadar menyempatkan waktu untuk saling berkomunikasi, namun melakukan aktivitas bersama adalah kunci sukses keluarga harmonis.

Dalam keluarga tentunya beranggotakan beberapa kepala, menyatukan waktu untuk saling bercengkerama di tengah padatnya aktivitas masing-masing memang tak mudah. Namun waktu bersama keluarga atau yang lebih sering disebut "Family Time" merupakan kebiasaan yang wajib untuk dilakukan setiap saat.

"Family time merupakan waktu yang dihabiskan bersama keluarga di mana semua anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas interaktif yang menyenangkan dan berkesan," ungkap psikolog dari Universitas Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, dalam acara peluncuran "I Klop U", Kamis (2/06/2016).

Menurut Vera menghabiskan waktu bersama keluarga tidak harus dengan liburan ke luar kota atau ke luar negeri. Vera mencontohkan dengan bermain games, membersihkan rumah, atau bahkan jogging bersama merupakan bentuk family time yang baik.

Masing-masing anggota keluarga memang memiliki kesibukannya sendiri, maka itu diperlukan perencanaan yang khusus untuk mendapatkan family time yang efektif.

"Family time itu perlu untuk dijadwalkan atau direncanakan. Misal seminggu sekali atau dua kali. Terutama harus gadget free, ya," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya