Terungkap, Anjing Bisa Baca Suasana Hati Manusia Lewat Raut Muka

Penelitian yang dilakukan belum lama ini megungkap fakta menarik terkait kemahiran anjing dalam mengenali emosi manusia.

oleh Mulyono Sri Hutomo diperbarui 11 Agu 2016, 09:00 WIB
Diterbitkan 11 Agu 2016, 09:00 WIB
Ternyata, Anjing Dapat Kenali Emosi Manusia Melalui Wajah
Ilustrasi anjing dan pemiliknya

Liputan6.com, Jakarta- Ada sebuah kabar baik untuk para pecinta anjing. Pasalnya bagi pencinta anjing, hewan berbulu ini dianggap lebih dari sekedar hewan saja dan kerap dijadikan sahabat terbaik oleh manusia. Meski telah lama dikenal sebagai hewan peliharaan yang setia, namun beberapa orang masih mempertanyakan simpati hewan tersebut terhadap pemiliknya.

Selain itu, beberapa dari mereka juga ingin tahu apabila hewan yang dianggap sebagai sahabat manusia itu cukup pintar untuk membaca emosi pemiliknya.

Dilansir dari Voice of America, Kamis (11/8/2016) sebuah penelitian yang dilakukan belum lama ini mengungkap fakta bahwa anjing memiliki kemampuan spesial membaca emosi sekaligus suasana hati pemilik atau manusia pada umumnya lewat raut wajah mereka.

Saat seekor anjing menatap manusia, otaknya langsung bergegas untuk menganalisa suasana hati orang tersebut dengan cara memperhatikan raut muka seseorang dengan teliti dan seksama.

Peneliti di University of Mexico memindai tujuh ekor anjing peliharaan dengan menggunakan mesin MRI. Mesin ini berperan sebagai sarana yang memproduksi gambar-gambar rinci dalam tubuh. Masing-masing anjing ditunjukkan 50 foto orang berbeda dan 50 gambar benda mati sambil dipindai untuk melihat bagaimana otak anjing bereaksi.

Hasil dari pemindaian menunjukkan, aktivitas otak anjing sangat meningkat ketika melihat wajah manusia. Melalui penelitian ini disimpulkan, anjing mampu mengenali emosi manusia melalui raut wajah.

"Pengenalan wajah manusia oleh anjing bisa menjadi faktor penting untuk membangun ikatan dengan manusia," demikian pernyataan resmi terkait hasil penelitian tersebut. Simak kelanjutan artikel tentang anjing yang mampu mengenali emosi manusia dengan mengeklik tautan berikut ini.

** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

** Sedang populer di kanal Health & Sex Forum Liputan6 :  6 Hal yang Wanita Pikirkan Saat Melakukan Oral Seks . 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya