3 Menu Sarapan yang Kacaukan Berat Badan

Anda harus berhati-hati dengan pilihan menu sarapan, karena menu sarapan yang buruk bisa kacaukan berat badan.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 04 Jun 2018, 06:30 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2018, 06:30 WIB
yogurt buah
Pilihan menu sarapan terburuk yang harus dihindari.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan di pagi hari bantu meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu mengendalikan berat badan. Namun, sarapan bukan hanya tentang memakan sesuatu, melainkan memakan jenis makanan yang tepat.

Pilihan sarapan yang salah bisa lebih berbahaya untuk tubuh karena memengaruhi kontrol metabolisme lemak dalam tubuh. Akibatnya, berat badan jadi tidak terkendali.

Berikut ini adalah beberapa pilihan sarapan yang buruk bagi tubuh, dilansir dari New York Times, Senin (4/6/2018).

Yoghurt buah

Jika Anda membuat yoghurt buah sendiri menggunakan yoghurt biasa, lalu menambahkan beberapa buah segar itu tidak ada masalah. Anda mendapatkan semua gula baik di yoghurt maupun buah alami.

Di sisi lain, jika Anda sarapan yoghurt dan sereal di jalan sambil menuju tempat kerja dengan tambahan 5-7 sendok teh gula termasuk buruk. Anda sudah sarapan dengan makanan yang banyak gula.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Panekuk

pancake
Panekuk juga harus dihindari saat sarapan.

Umumnya, panekuk menjadi sarapan yang cepat dan lezat. Namun, panekuk yang ditambahkan sirup, buah, dan es krim dapat mengandung lebih dari 50 gram gula.

Kadar karbohidrat olahan dari adanya tepung putih juga banyak. Hal itu berarti menandakan kombinasi gula dan tepung putih, yang menghasilkan kadar insulin sangat tinggi.

Kadar insulin tinggi akan membuat Anda kelebihan berat badan.


Bacon dengan telur

Telur dan Bacon (iStock)
Bacon dengan telur juga perlu dihindari untuk sarapan. (iStockphoto)

Telur memang pilihan sarapan terbaik karena kandungan protein dan gizi yang tinggi.

Sayangnya, saat telur disajikan dengan beberapa potong lemak bacon, dalam bentuk sandwich atau roti gulung berubah menjadi lemak jenuh, garam dan karbohidrat olahan yang tinggi.

Pilihan terbaik, Anda bisa makan telur rebus dengan roti panggang wholegrain (biji-bijian). Jika Anda harus menambahkan bacon, potonglah satu irisan paling tipis.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya