Usir Kaki Kram Saat Mudik dengan Memijat 3 Titik Ini

Memijat bagian tubuh berikut bisa mengusir kaki yang kram saat perjalanan mudik.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 11 Jun 2018, 13:00 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2018, 13:00 WIB
Cara Hindari Kaki Kram yang Belum Banyak Diketahui
Kaki kram dalam perjalanan mudik Lebaran bisa dipijat di area tubuh ini.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu lama duduk di dalam mobil, bus, atau kereta saat mudik Lebaran bisa menyebabkan kaki kram. Biasanya yang terjadi berupa kram otot dan pegal linu yang terjadi di area tungkai kaki (seluruh bagian kaki dari pangkal atas sampai bawah).

Untuk menyingkirkan kram, Anda bisa memijat sendiri. Dari Buku Saku 1, Petunjuk Praktis Toga dan Akupresur, terbitan 2017 Kementerian Kesehatan RI, untuk meredakan kram otot atau pegal linu pada bagian tungkai bawah dapat dilakukan memberi tekanan pada bagian paha.

Bagian paha yang dipijat adalah di sisi yang sejajar dengan ujung jari tengah pada posisi tubuh berdiri dan lengan menggantung di sisi paha (lihat gambar) ditulis Senin (11/6/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kaki Kram
Kaki kram saat perjalanan mudik bisa diatasi dengan pijatan. (Sumber: Buku Saku Toga Akupresur Kementerian Kesehatan RI, 2017)

Selain bagian paha, memberikan pijatan di bawah tonjolan tulang yang terletak sisi bawah luar lutut juga bisa mengatasi kram pada kaki. Lalu, area kaki yang terletak di lekukan bagian bawah otot betis juga menjadi titik pijat.

Seluruh pijatan berupa penekanan dengan jari tangan dilakukan 30 kali hitungan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya