Tiga Langkah Atasi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Ada tiga hal yang bisa dilakukan para wanita untuk mengatasi rasa sakit saat menstruasi. Apa saja?

oleh Cahyu pada 12 Jul 2018, 13:39 WIB
Diperbarui 22 Jul 2020, 10:03 WIB
Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita kerap merasa kesakitan saat memasuki periode menstruasi. Rasa sakit ini pun kerap menghambat aktivitas para penderitanya.

Ada dua faktor yang dapat menyebabkan rasa sakit tersebut. Pertama, adanya kontraksi di uterus yang menyebabkan kram. Kedua, kurang terjaganya kebersihan area kewanitaan.

Untuk mengatasinya, paling tidak ada tiga hal yang bisa dilakukan para wanita. Apa sajakah itu?

1. Mengatur aktivitas dan makanan

Tanpa disadari, banyak aktivitas dan makanan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan area kewanitaan dan menimbulkan rasa sakit saat menstruasi. Beberapa jenis kegiatan yang perlu dihindari antara lain, bersepeda, duduk terlalu lama, menggunakan celana terlalu ketat, dan menyetir dalam durasi lama.

Makanan yang banyak mengandung garam, gula, dan kafein juga sebaiknya dihindari. Lebih baik mengonsumsi makanan terbuat dari gandum, sayur-sayuran, dan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

2. Cukup istirahat

Selalu sediakan waktu untuk beristirahat di sela-sela kesibukan, terutama saat waktu sakit mulai terasa. Istirahat yang dimaksud adalah berbaring di atas tempat tidur. Apabila Anda harus bekerja atau sekolah, hindari aktivitas yang terlalu melelahkan dan langsung beristirahat saat pulang.

3. Jaga kebersihan diri

Ganti celana dalam setiap empat jam sekali, terutama saat basah atau lembap. Saat menstruasi, ganti juga pembalut setiap empat hingga enam jam sekali. Hal ini untuk menghindari kuman masuk ke dalam area kewanitaan Miss V dan menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, rawat kebersihan area kewanitaan dengan cairan pembersih kewanitaan. Salah satu cairan pembersih yang bisa Anda gunakan adalah Resik V Godokan Sirih.

Resik V Godakan Sirih sudah terjamin halal, teruji klinis dan memiliki pH yang sesuai dengan daerah kewanitaan. Produk ini juga terbuat dari godokan daun sirih asli yang terbukti efektif mengatasi keputihan dan mengurangi bau tidak sedap.

Selamat mencoba!

 

 

(Adv)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya