Kunjungi Posyandu Mandalasari, Menkes Nila Jajal Nuget Kelor

Menkes Nila sempat mencicipi salah satu menu yang biasa diberikan pada anak-anak saat memeriksakan diri ke posyandu.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 24 Apr 2019, 09:00 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2019, 09:00 WIB
Menkes Nila
Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek . (Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI)

Liputan6.com, Denpasar Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mendatangi Posyandu Mandalasari yang berada di Denpasar Timur, Bali. Saat berada di sana, Menkes Nila sempat mencicipi salah satu menu yang biasa diberikan pada anak-anak saat memeriksakan diri ke posyandu.

Kader posyandu memperkenalkan menu tersebut sebagai nuget kelor. "Ini ibu, kami membuat nuget kelor," kata salah satu kader Posyandu Mandalasari ke Nila.

Nila pun sempat mencicipi nuget kelor buatan para kader pagi ini, Rabu (24/4/2019).

Seperti nuget pada umumnya, nuget kelor ini digoreng dengan lapisan terluar adalah tepung panir. Namun, di bagian dalam, warnanya putih kehijauan karena mengandung daun kelor. Rasa nuget kelor yang gurih, pas sebagai lauk yang bisa menambah nafsu makan. Tak cuma nuget, kader posyandu juga membuat puding kelor.

Menurut Nila, ini adalah sebuah kreativitas para ibu memanfaatkan daun kelor. Apalagi tanaman ini mudah sekali ditanam dan tumbuh di pinggir jalan yang bila dikonsumsi bisa meningkatkan gizi anak.

"Para ibu di Posyandu Kumalasari kreatif, daun kelor dibuat menjadi jeli, nuget kelor, sayur bening. Anak-anak ini jelas ingin variasi di makanannya. Kita kalau dikasi monoton kan enggak mau," kata Nila. 

 


Kaya zat besi

Puding kelor
Tak cuma nuget, kader posyandu Mandalasari juga membuat puding kelor (Foto: Liputan6.com/Benedikta Desideria)

Bukan tanpa alasan kader posyandu Mandalasari membuat makanan berbahan kelor. Menurut salah satu kader, Dewi, kelor ini merupakan bahan makanan yang kaya nutrisi.

"Daun kelor ini bagus ya, kaya kalsium, ada zat besinya juga. Jadi ini baik untuk anak-anak, termasuk bagi anak yang kurang gizi," kata Dewi usai menerima kunjungan Nila.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya