Ahli Beberkan 4 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Berikut beberapa hal sederhana tapi signifikan membantu menurunkan berat badan.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Mei 2019, 08:00 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2019, 08:00 WIB
Masih Usaha Turunkan Berat Badan? Coba Konsumsi Makanan Ini
Menurunkan berat badan (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan adalah hal yang mungkin ingin dicapai sebagian orang. Beberapa diantaranya mungkin mengikuti diet tertentu atau tips dari ahli diet. 

Melansir dari Health, Selasa (28/5/2019) berikut empat hal yang harus diperhatikan saat menurunkan berat badan. Bagi Anda yang serius ingin tampil lebih langsing, wajib dibaca.

1. Tidur

Tidur merupakan hal paling penting untuk menjaga berat badan sehat. Assistan Professor Department of Kinesiology and Health Rutgers University, Amerika Serikat, Andrea Spaeth mengatakan bahwa sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari lima hingga enam jam semalam mengalami kenaikan berat badan lebih banyak, memiliki lingkar pinggang lebih besar dan kemungkinan mengalami obesitas lebih besar dibandingkan dengan yang memiliki waktu tidur cukup.

Hal ini disebabkan hormon rasa lapar yang meningkat saat Anda kekurangan tidur. Hormon ini dapat membuat Anda mengonsumsi kalori lebih banyak dan seringkali dalam bentuk makanan manis atau berlemak. Pola makan yang sehat akan lebih mudah untuk dijaga saat tubuh mendapatkan tidur yang cukup.

Spaeth menyarankan Anda untuk menrencanakan jadwal tidur Anda dalam seminggu untuk memastikan Anda mendapatkan tidur selama 7 hingga 8 jam. Ia juga nenyarakan untuk membentuk lingkungan tidur sehat dengan membatasi sinar dan mengatur suhu sejuk serta menetapkan kebiasaan sebelum tidur seperti mematikan alat elektronik dan relaksasi.

2. Pola Waktu Makan

Assitant Professor University of Alabama, Amerika Serikat, Courtney Peterson mengatakan dengan melakukan penjadwalan waktu makan bisa menurunkan berat badan sebanyak 15 kg. Menurut Peterson, penelitian menunjukkan bahwa time-restricted eating ini menurunukan nafsu makan meningkatkan pembakaran lemak dan membantu penurunan berat badan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:


Menimbang Badan Setiap Hari

Ilustrasi berat badan
Ilustrasi berat badan. (iStock)

Associate Director Duke Global Health Science Dori Steinberg mengatakan bahwa menimbang berat badan bisa membantu menurunkan berat badan. Setelah menyelesaikan beberapa rangkaian studi, tim penelitiannya menemukan bahwa orang dewasa dengan kelebihan berat badan dan obesitas yang menimbang berat badan setiap hari kehilangan rata-rata 7 kg dengan beberapa diantaranya yang mencapai 10 kg. Sebaliknya, orang yang menimbang dengan frekuensi lebih jarang hanya kehilangan sekitar 3 kg

"Tidak sesuai dengan kepercayaan populer, penelitian kami tidak menemukan efek buruk dari menimbang setiap hari seperti depresi atau menunjukkan tanda-tanda eating disorder," kata Steinberg.

Menimbang berat badan setiap hari dapat meningkatkan timbal balik perilaku sehari-hari Anda. Hal ini menunjukkan bahwa individu menjadi lebih termotivasi untuk memiliki perilaku sehat seperti mengurangi makanan manis dan berolahraga. Dapat dikatakan bahwa hal ini memberi Anda akuntabilitas sehingga Anda tetap berada dalam jalur yang sesuai untuk menurunkan berat badan.

 


4. Komitmen Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi makanan sehat
Pastikan tubuh tetap kuat selama berpuasa dengan cara-cara ini.

 

Para ahli seringkali mengatakan bahwa Anda tidak perlu melakukan diet tapi ubahlah gaya hidup Anda. Ahli nutrisi Lisa Zucker mengatakan bahwa komitmen menjalankan gaya hidup sehat merupakan kunci untuk menurunkan berat badan.

Saat seseorang dapat mengerti bahwa perilakunya harus berubah maka hal baik dapat terjadi.

Penulis: Khairuni Cesario

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya