Berkat Paskibraka Nasional, Pembawa Baki 2006 Ini Bisa Keliling Dunia

Pembawa baki Paskibraka Nasional 2006 ini sudah 11 tahun jadi pramugari.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 04 Agu 2019, 07:00 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2019, 07:00 WIB
Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka
Priscillia Mayasari Abas adalah Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2006. Cia berasal dari Tim Pelita bertugas pada upacara penurunan bendera merah putih. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Liputan6.com, Jakarta - Tiga belas tahun yang lalu, Priscillia Mayasari Abas melenggang ke Jakarta sebagai Paskibraka Nasional 2006.

Kala itu Cia, begitu panggilannya, terbang ke Ibu Kota mewakili provinsi Sulawesi Utara.

Latihan baris-berbaris Cia lakukan dengan serius. Kegigihan, keuletan, dan kerja kerasnya membuat para pelatih dan pembina Paskibraka Nasional 2006 sepakat memilih Cia sebagai pembawa baki.

"Aku pembawa baki sore," kata Cia kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di PP-PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur belum lama ini.

Baca juga: FOTO: Kenalan dengan Tashya, Pelatih Paskibraka Nasional 2019

Selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan Paskibraka Nasional 2006, Cia pulang ke Sulawesi Utara guna melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 7 Manado.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional


Tamat SMA Jadi Pramugari

Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka
Ilmu yang didapat selama Diklat Paskibraka Nasional 2006 berguna di kehidupan sehari-hari Cia. Selepas dari SMA, Cia memilih langsung kerja sebagai pramugari. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Begitu tamat SMA, Cia lebih memilih untuk langsung kerja ketimbang kuliah. "Habis SMA langsung kerja jadi pramugari," ujarnya.

Perempuan berambut panjang ini sempat mencicipi pengalaman bertugas melayani penumpang Batavia Air,"Ada kali ya empat tahun, dari tahun 2008 sampai 2012.".

Empat tahun dirasa cukup untuk Cia pindah haluan ke Garuda Indonesia. Sejak akhir 2012 dia resmi bergabung ke maskapai plat merah tersebut.

"Sampai sekarang masih di Garuda," kata Cia.

"Kalau dihitung-hitung sudah 11 tahun jadi pramugari," Cia menekankan.

 


Sisa-Sisa Paskibraka Nasional 2006

Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka
Cia, Paskibraka Nasional 2006 dari Sulawesi Utara, sudah 11 tahun mengemban tugas sebagai Pramugari. Empat tahun di Batavia Air dan tujuh tahun di maskapai Garuda Indonesia (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Cia tidak memungkiri bahwa sisa-sisa Diklat Paskibraka Nasional 2006 masih terpakai di kehidupan sehari-harinya.

Menurut dia, disiplin dan tanggung jawab yang diajarkan pelatih dan pembina adalah kunci meraih keberhasilan seperti sekarang ini.

"Kedisiplinannya itu. Disiplin waktu, alias on time. Itu berguna banget di dunia kerja," kata Cia.

"Dulu waktu di sini, kita harus bangun jam segini dan yang telat bakal dapat hukuman. Dari situ saja, kita bisa membangkitkan rasa disiplin," katanya.

 


Tanggung Jawab Sebagai Paskibraka Nasional 2006

Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka
Paskibraka Nasional 2006 ini mengaku bahwa kedisiplinan dan tanggung jawab yang dia peroleh selama Diklat sangat bermanfaat di dunia kerjanya saat ini. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Begitu juga dengan tanggung jawab. Cia merasa ada yang kurang jika dia melakukan sesuatu tidak sampai selesai.

"Kalau itu tidak saya pegang, mungkin saya tidak bisa keliling dunia gratis," katanya.

"Enaknya jadi pramugari kan begitu. Kita bisa keliling dunia, istilahnya dibayarin perusahaan. Kerja sih, tapi sampai di sana masih bisa stay," ujar anggota Tim Pelita ini.


Masih Sering Kumpul dengan Anggota Paskibraka Nasional Lainnya

Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka
Purna Paskibraka Nasional dari beberapa angkatan datang ke PP-PON Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur untuk melihat sesi latihan anggota Paskibraka Nasional 2019. (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Komunikasi Masih Terjalin

Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka
Cia mengatakan masih sering berkomunikasi dengan Purna Paskibraka Nasional angkatan di atas dan di bawahnya. Hubungannya pun baik sampai sekarang (Foto: Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya