PODCAST: Fakta Ilmiah di Balik Ciuman

Bukan sekadar ungkapan kasih sayang pasangan, ada beberapa fakta ilmiah menarik tentang ciuman.

oleh Wawan Isab RubiyantoYosi Hendrawan diperbarui 16 Agu 2019, 09:00 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2019, 09:00 WIB
Ilustrasi ciuman (iStockphoto)
Ilustrasi ciuman (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ciuman merupakan salah satu ungkapan kasih sayang pasangan. Tahukah Anda, bahwa cikal bakal ciuman adalah perilaku serupa mengendus. Hal itu didokumentasikan dalam kitab suci dari 1500 sebelum Masehi yang mendeskripsikan ciuman sebagai endusan.

Sejarah juga mencatat, ciuman pernah dilarang di beberapa era. Misalnya pada Juli 1439, Raja Henry VI melarang ciuman di Inggris. Alasannya, ciuman bisa menyebarkan penyakit di dalam kerajaan.

Lalu, pada abad ke-16 di Napoli juga memberlakukan larangan tersebut dengan menerapkan hukuman mati sebagai sanksinya.

Fakta lain soal ciuman adalah aktivitas ini tidak sekadar ungkapan cinta dna kasih sayang. Berciuman dengan pasangan akan meningkatkan detak jantung serta metabolisme tubuh. Dengan kata lain, ciuman meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Masih ada banyak fakta lain soal ciuman, tim Health Liputan6.com membahasnya lewat Podcast: Fakta Ilmiah di Balik Ciuman berikut ini. Yuk dengerin...

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya