Tak Perlu Panik, Pemeriksaan COVID-19 Harus Ada Indikasinya

Masyarakat mulai sadar pemeriksaan COVID-19 harus ada indikasinya.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 17 Mar 2020, 16:59 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2020, 16:59 WIB
MRT
Sejumlah perubahan jadwal transportasi publik di Jakarta mengalami pembatasan. Cek di sini info lengkapnya. (Foto: Transportforjkarta/ Instagram)

Liputan6.com, Jakarta Pada awal merebaknya COVID-19, masyarakat panik untuk meminta pemeriksaan tes corona. Namun, kini masyarakat sudah mulai menyadari, bahwa pemeriksaan corona dengan swab tenggorok harus ada indikasinya.

"Kita tahu di beberapa terakhir terjadi semacam kepanikan di mana semua masyarakat ingin datang memeriksakan diri. Saat ini sudah bisa lebih tertata, karena mereka menyadari bahwa pemeriksaan swab, COVID-19 harus ada indikasinya. Harus ada permintaan dokter. Tidak masing-masing merasa perlu untuk minta tes ini," ucap Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui TV BNPB, Selasa (17/3/2020).

"Harapannya, pemerintah daerah dan pihak-pihak lain bisa bersama-sama untuk mengendalikan COVID-19."

Sebagai upaya antisipasi, arahan pemerintah belajar, bekerja, dan beribadah di rumah harus diterapkan. Tujuannya mengurangi kemungkinan terjadinya kontak pada orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Bukan dengan Kepanikan

Penumpang MRT Jakarta
Penumpang menggunakan masker saat antre memasuki kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI Jakarta, Selasa (3/3/2020). PT MRT Jakarta akan menerapkan pemeriksaan suhu badan penumpang sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid-19 di Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Waspada juga pada tempat umum karena lokasi kerumunan rawan dengan penyebaran COVID-19.

"Satu-satunya cara untuk bisa mengendalikan dan mencegah penyakit ini adalah menerapkan sepenuhnya pola hidup sehat, cuci tangan dengan sabun. Kemudian kalau ada yang batuk pilek gunakan masker, asupan dan aktivitas fisik, serta istirahat," lanjut Yuri.

"Yang menjadi penting karena inilah yang menjawab permasalahan kita, bukan dengan kepanikan dan bukan mempercayai berita yang tidak benar. Pemerintah dan siapa pun sekarang sudah sama-sama punya komitmen kuat untuk mengendalikan penularan penyakit COVID-19."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya