Tak Ada Konpers Update COVID-19 Harian, Jubir Wiku: Tidak Ada Maksud Menutupi Data

Update data COVID-19 harian bisa diakses di laman resmi COVID-19 dari pemerintah nasional setiap pukul 16.00

oleh Benedikta Desideria diperbarui 24 Jul 2020, 11:20 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2020, 10:54 WIB
Wiku Adisasmito
Jubir Satuan Tugas COVID-19 Wiku Adisasmito. (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjawab pertanyaan banyak pihak tentang tidak ada lagi konferensi pers (konpers) update data COVID-19 secara harian. Wiku menegaskan bahwa hal tersebut bukan untuk menutupi data.

"Tidak ada maksud menutup-nutupi data mari kita dorong transparansi publik," kata Wiku dari Media Center COVID-19 Jakarta ditayangkan dari YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (24/7/2020).

Wiku menjelaskan masyarakat termasuk media bisa melihat data kasus tambahan, sembuh, meninggal, suspek dan lain-lain tentang COVID-19 bisa diakses lewat laman https://covid19.go.id/

"Data-data tersebut diumumkan jam 16.00 tergantung dari pengiriman data dari Kemenkes yang memverifikasi data nasional yang masuk," kata Wiku.

"Masyarakat silahkan ikut mengontrol apabila ada kondisi yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Upaya Real Time Data

Pemerintah juga kini tengah berupaya agar data-data tersebut bisa diakses secara real time. Namun, masih ada kendala karena harus membuat pendekatan sistem terintegrasi.

"Bahwa kami menuju memberikan data secara real time agar masyarakat bisa mengaskses langsung. Namun, demikian prosesnya memerlukan waktu yang lama. Selama 4 bulan pertama kami belum bisa mengintegrasikan menjadi satu," tutur Wiku.

Sebelumnya, pemerintah selama 140 hari selalu mengumumkan update data COVID-19 harian yang disampaikan oleh Achmad Yurianto yang saat itu ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19. Namun, sejak 21 Juli 2020 pemerintah tidak lagi memberikan pengumuman update COVID-19 harian dan juru bicara COVID-19 diserahkan kepada Wiku. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya