Semua Wilayah Sebenarnya Punya Tempat untuk Isolasi Pasien COVID-19 Tanpa Gejala

Wisma Atlet Kemayoran dan Lido milik BNN contoh tempat untuk isolasi pasien COVID-19 melakukan isolasi.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 14 Sep 2020, 09:13 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2020, 09:13 WIB
FOTO: Kesibukan Tim Medis Bawa Pasien COVID-19 ke Wisma Atlet
Petugas jaga mengecek data pasien COVID-19 yang dibawa petugas medis di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Pemerintah menyiapkan 2.700 tempat tidur di RSD Wisma Atlet untuk merawat pasien COVID-19 dengan kondisi sedang dan ringan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), Pandu Riono, mengatakan, seluruh wilayah di Indonesia sebenarnya punya tempat yang bisa digunakan sebagai sarana isolasi pasien positif COVID-19.

Sehingga orang-orang yang dinyatakan terjangkit virus SARS-CoV-2 tidak lagi melakukan isolasi mandiri di rumah karena tindakan tersebut justru dapat meningkatkan risiko penularan di rumah tangga.

Di DKI Jakarta, kasus positif COVID-19 tanpa gejala wajib diisolasi di tempat yang ditunjuk oleh Gugus Tugas. Di antaranya fasilitas isolasi mandiri Kemayoran atau di hotel, penginapan, atau wisma.

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menurunkan aparat penegak hukum untuk membantu tenaga kesehatan menjemput pasien positif COVID-19 yang menolak diisolasi di tempat yang sudah ditetapkan.

Di dalam 'Kebijakan Pembatasan Aktivitas pada PSBB' tercantum bahwa Dinas Kesehatan melalui Puskesmas akan terus melakukan active case finding kepada masyarakat.

Setiap masyarakat yang ditemui dalam kegiatan active case finding wajib menerima testing yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Banyak Tempat Bisa Dijadikan Tempat Isolasi Pasien COVID-19 Tanpa Gejala

FOTO: Kesibukan Tim Medis Bawa Pasien COVID-19 ke Wisma Atlet
Ambulans membawa pasien COVID-19 ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Sebanyak 1.600 dari 2.700 tempat tidur yang dipersiapkan pemerintah untuk pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet telah terisi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Pandu, salah satu tempat yang bisa dijadikan lokasi isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala adalah asrama haji.

"Wisma haji tidak terpakai di mana bukan musim-msim haji. Yang penting ada fasilitas sarana air, kamar yang memadai dan bersih, dan bisa diawasi dengan ketat," kata Pandu saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon pada Senin, 14 September 2020.

Contohnya saja Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, kata Pandu, sarana yang tersedia hanya berupa kamar,"Tinggal tambah air dan listrik diperbaiki semuanya, sudah bisa dipakai untuk isolasi. Dan, pengawasannya juga lebih mudah.".

 


Tempat Isolasi Pasien COVID-19 Kota Bogor

PPSDM BNN Lido disulap menjadi tempat isolasi OTG Covid-19 Kota Bogor
PPSDM BNN Lido disulap menjadi tempat isolasi OTG Covid-19 Kota Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Contoh lain yang Pandu sebut adalah Kabupaten Bogor. Menurut Pandu, sejak terjadi peningkatan klaster rumah tangga, Pemerintah Kota Bogor langsung bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menggunakan fasilitas BNN di Lido sebagai tempat mengisolasi Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Mereka mengidentifikasi wisma-wisma pelatihan yang tidak terpakai untuk tempat isolasi. Jadi, sebenarnya di semua tempat punya tempat yang bisa dipakai," Pandu menambahkan.

Pandu pun mengingatkan bahwa jangan lagi membiarkan pasien positif COVID-19 tanpa gejala melakukan isolasi di rumah. Jangan sampai mereka bertemu dengan orang lain.

"Kalau bertemu dengan yang sama-sama terinfeksi enggak papa, yang penting jangan ketemu anak, istri, orangtuanya. Kan kita banyak dapat cerita di mana satu keluarga ada yang kehilangan bapak dan ibunya, keponakannya, kasihan sekali itu," kata Pandu.


Infografis COVID-19 di Indonesia

Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Tingkat Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Abdillah
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya