Satgas COVID-19 Wiku: Rapid Test Antigen Bisa Digunakan di Indonesia

Menurut WHO rapid test antigen dapat digunakan sebagai skrining Virus Corona COVID-19.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 30 Sep 2020, 06:25 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2020, 06:07 WIB
Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito ingatkan komitmen masyarakat dan calon kepala daerah lindungi masyarakat dalam proses pilkada saat konferensi pers di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (24/9/2020). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito menilai bahwa Indonesia dimungkinkan bisa menggunakan rapid test antigen.

Menurut Wiku, hasil dari rapid test antigen dapat keluar hanya dalam hitungan menit saja.

"Tentunya alat ini bisa digunakan sesuai yang direkomendasikan WHO, dan bisa menggantikan rapid test antibody," kata Wiku seperti yang disiarkan dari kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa, 29 September 2020.

Lebih lanjut Wiku, mengatakan, fungsi skrining yang dilakukan rapid test antigen menjadi lebih efektif, dan tidak menjadi beban untuk RT PCR sebagai standar penegakkan diangosis.

Pada kesempatan itu, Wiku juga menyinggung perihal sasaran prioritas yang akan disuntikkan vaksin COVID-19 untuk pertama kali.

Menurut Wiku, Satgas Penanganan COVID-19 tengah mengkaji sasaran prioritas, yang disesuaikan dengan kelompok risiko penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Termasuk sejumlah elemen yang diperlukan, dari supply, pembiayaan, serta mekanisme infrastruktur yang perlu disiapkan.

Oleh sebab itu, Wiku meminta agar masyarakat Indonesia bersabar menanti kehadiran vaksin COVID-19 ini. Saat ini, pemerintah tengah mematang rencana vaksinasi untuk masyarakat.

"Nanti setelah rencana matang dan jelas, akan kami sampaikan kepada masyarakat rencana vaksinasi itu lebih detail. Dan tentunya itu disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia," kata Wiku.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Infografis COVID-19 di Indonesia

Infografis Persentase Sembuh Covid-19 13 Provinsi di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Persentase Sembuh Covid-19 13 Provinsi di Indonesia Lampaui Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya