Jubir Wiku Duga Aktivitas Padat dan Melelahkan Penyebab Doni Monardo Terinfeksi COVID-19

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menduga, selain makan bersama, aktivitas yang begitu padat dan melelahkan menjadi penyebab Doni Monardo terinfeksi COVID-19.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 23 Jan 2021, 13:25 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2021, 13:25 WIB
Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito soal Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo yang positif COVID-19. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menduga, selain makan bersama, aktivitas yang begitu padat dan melelahkan menjadi penyebab Doni Monardo terinfeksi COVID-19.

Menurut Wiku, aktivitas padat dan melelahkan juga jadi faktor menurunnya imunitas seseorang sehingga lebih rentan terhadap penyakit.

“Itulah mengapa, selain menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Kita juga harus menjadi imunitas dengan istirahat cukup, makan bergizi, serta rutin berolahraga,” kata Wiku. 

Diketahui bahwa Doni Monardo baru saja kembali dari kunjungan kerjanya di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Ketua Satgas Penanganan COVID-19 yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) itu menjalani kegiatan yang padat, memimpin penanggulangan bencana gempa bumi Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan, selama sepekan kemarin.

Meski demikian, Doni meyakini, dia terinfeksi COVID-19 saat makan bersama dan melepas masker pada beberapa kesempatan dalam kunjungan kerjanya.

“Karena saat makan, kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain, ” tutur Doni di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Padahal menurut Doni, dia telah berupaya menghindari paparan virus dengan menuruti semua anjuran para pakar kesehatan. Hanya saja rupanya tetap ada celah sehingga virus Corona berhasil menginfeksi.

Hal tersebut juga disoroti Wiku Adisasmito. Menurutnya, masyarakat bisa mengambil pelajaran akan hal itu dan lebih disiplin menerapkan protokol 3M demi menghindari COVID-19.

“Ini menjadi pelajaran berharga bahwa kedisiplinan selama sebelas bulan itu tetap ada celah seperti saat makan. Sebelumnya ada juga penelitian yang menemukan bahwa para tenaga kesehatan yang tertular saat mereka istirahat untuk makan dan terpaksa membuka masker,” tutur Wiku, mengutip keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.


Doni Monardo Jalani Isolasi Mandiri

Doni Monardo
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo jalani isolasi mandiri. (Badan Nasional Penanggulangan Bencanana/BNPB)

Sejak mengetahui dirinya positif terinfeksi COVID-19, Doni Monardo menjalani isolasi mandiri dan tetap beraktivitas seperti biasa karena dia mengaku tak merasakan gejala apa pun. Doni juga masih memantau perkembangan COVID-19 serta penanganan bencana di sejumlah wilayah dari jauh. 

Tak lupa Doni meminta masyarakat agar tidak kendur dalam menerapkan protokol 3M demi menghindari paparan COVID-19. 

"Dengan kejadian ini, saya meminta masyarakat agar jangan kendor memakai masker, menjaga jarak, dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” tuturnya.


Infografis

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya