Buku Panduan Asuhan Paliatif Bisa Diunduh Gratis

Sebuah yayasan sosial nirlaba, Rachel House meluncurkan e-book berjudul "Asuhan Paliatif : Buku Panduan Bagi Pelaku Rawat" yang bisa didapatkan di sejumlah rumah sakit dan juga diunduh gratis.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 12 Feb 2021, 06:00 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2021, 06:00 WIB
Anak asuhan paliatif
Anak asuhan paliatif. dok Rachel house

Liputan6.com, Jakarta Sebuah yayasan sosial nirlaba, Rachel House meluncurkan e-book berjudul "Asuhan Paliatif : Buku Panduan Bagi Pelaku Rawat" yang bisa didapatkan di sejumlah rumah sakit dan juga diunduh gratis.

Seperti dimuat di situs Rachel House, buku panduan asuhan paliatif ini dapat diperoleh di sejumlah rumah sakit seperti RSCM, RSAB Harapan Kita, RS Kanker Dharmais, serta beberapa yayasan untuk penyakit serius, yang telah bermitra dengan Rachel House, khususnya di Jakarta.

Namun, untuk mereka yang berdomisili di luar Jakarta, yang mungkin memiliki kendala untuk mendapatkan buku fisik, maka e-book ini dapat menjadi opsi alternatif. 

Buku ini terdiri dari 6 bab yang dapat menjadi panduan unruk penanganan gejala, cara berkomunikasi dan merespons perilaku pasien, sampai asuhan diri bagi pelaku rawat dan anggota keluarga lainnya, seperti adik atau kakak dari pasien. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi untuk memudahkan pembaca dalam memahami edukasi yang diberikan.

Lewat buku ini, Rachel House berharap anak-anak dengan penyakit serius di seluruh Indonesia dapat memetik manfaatnya serta memperoleh kenyamanan dalam melewati suatu perjalanan hidup yang tidak mudah dan agar pelaku rawat dapat memberi perawatan yang lebih optimal bagi buah hati yang mereka cintai.

 

Simak Video Berikut Ini:


Apa itu asuhan paliatif?

Asuhan paliatif adalah suatu spesialisasi asuhan medis yang ditujukan bagi pasien dengan penyakit serius beserta keluarganya. Menurut World Health Organization, asuhan paliatif berfokus untuk mengelola rasa nyeri dan gejala dari penyakit, serta memberi dukungan emosional, sosial, spiritual dan dukungan praktis, yang bertujuan agar pasien dapat hidup tanpa rasa sakit dan dengan kualitas hidup yang optimal.

Asuhan paliatif juga membantu pasien dan keluarga dalam memahami perjalanan penyakit serta perawatan yang tersedia. Layanan medis ini sering dipandang sebagai perawatan yang ditujukan bagi pasien yang sudah dekat dengan kematian, padahal mengingat begitu besarnya manfaat asuhan paliatif, layanan ini dapat diberikan kepada pasien begitu ia terdiagnosa dengan penyakit serius.

Rachel House sendiri memiliki program utama yaitu memberikan layanan medis khusus, yang disebut asuhan paliatif, secara bebas biaya bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang hidup dengan penyakit serius seperti kanker dan HIV, di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Rachel House ingin agar pemahaman tentang asuhan paliatif dapat tersebar secara lebih merata, tidak hanya kepada tenaga kesehatan, namun juga bagi masyarakat luas. Tidak hanya kepada mereka yang tinggal di wilayah layanan Rachel House yaitu di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi, namun juga ke seluruh Indonesia.

Tidak hanya memperkenalkan apa itu asuhan paliatif, tapi yang terpenting adalah memandu pelaku rawat agar dapat memberikan perawatan dasar kepada anak mereka yang hidup dengan penyakit serius di rumah.


Infografis Benarkah Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19?

Infografis Benarkah Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Benarkah Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya