Dekan FKUI Prof Ari Fahrial Syam Terkonfirmasi Positif COVID-19 dan Isoman

Ari Fahrial Syam membenarkan bahwa dirinya positif COVID-19 karena Virus Corona

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 27 Jun 2021, 09:07 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2021, 08:25 WIB
dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH/dok. Wikipedia
dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH/dok. Wikipedia

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH terkonfirmasi positif COVID-19.

Hal tersebut diketahui dari unggahan di akun Facebook pribadinya, Ari Fahrial Syam pada Sabtu, 26 Juni 2021. Ari menyebut bahwa dirinya tengah isolasi mandiri karena COVID-19.

Status yang ditulis Ari bertujuan menyemangati para tenaga kesehatan yang saat ini tengah berjibaku menangani pasien COVID-19. Dalam tulisan dia menyebut bahwa saat ini merupakan minggu-minggu terberat dalam sejarah pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Pak Menkes sudah keliling Jakarta dan melihat kenyataan di lapangan solusinya mustinya bukan saja meningkatkan kapasitas ruangan, tambah nakes, pengadaan obat-obatan, oksigen, peralatan, dan lain-lain, tapi juga bagaimana huluny bisa dikunci," tulis Ari.

Menurut Ari, jalanan saat ini masih saja ramai. Suara ambulans mungkin sudah jarang terdengar, tapi itu bukan karena pasien COVID-19 yang berkurang, melainkan memang pasien yang tidak bisa dipindahkan karena rumah sakit rujukan COVID-19 penuh.

"Saat ini kami kok seperti menunggu siapa lagi sejawat kami yang pergi atau jatuh sakit terpapar COVID-19," tulisnya.

"Saya yang seharusnya isoman dan diminta banyak istirahat, tidak tega untuk tidak memonitor keluhan teman-teman dokter atas berbagai keterbatasan dan memantau kondisi di lapangan melalui WAG yang ada walau saya tidak komentar, karena mereka akan marah kalau saya komentar dan bilang saya untuk istirahat," Ari melanjutkan.

Saat Health Liputan6.com mengonfirmasi hal tersebut, Ari membenarkan bahwa dia terkonfirmasi COVID-19.

"Ya, betul, terima kasih. Saya isoman dan perlu banyak istirahat," kata Ari merespons pesan yang dikirim Health Liputan6.com pada Minggu pagi, 27 Juni 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya