Menkes: Penyuntikkan Vaksin Booster pada Nakes akan Dimulai Secepatnya

Tahap finalisasi, rencanannya penyuntikkan vaksin booster COVID-19 Moderna pada nakes dimulai minggu ini.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 13 Jul 2021, 12:35 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2021, 12:35 WIB
Vaksinasi di Stasiun Bogor
Tenaga kesehatan (nakes) menyiapkan vaksin COVID-19 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyuntikkan vaksin booster atau dosis ketiga vaksin COVID-19 pada tenaga kesehatan (nakes) bakal dilakukan sesegera mungkin.

“Akan dimulai secepat-cepatnya untuk melindungi mereka sebagai salah satu garda terdepan kita yang harus kita lindungi,” kata Menkes dalam konferensi pers virtual, Senin (12/7/2021).

Penyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga belum dimulai karena tengah melakukan finalisasi diskusi dengan asosiasi dokter, perawat, dan bidan. Penyuntikkan bakal menggunakan vaksin Moderna, setelah yang pertama sebagian besar nakes mendapatkan suntikan vaksin Sinovac.

Penyuntikkan vaksin booster merupakan upaya untuk memperkuat imunitas para nakes yang berjuang di garda terdepan perawatan COVID-19.

 


Minggu Ini Vaksinasi Booster pada Nakes Dimulai

Rencananya, minggu ini penyuntikkan vaksin ketiga pada tenaga kesehan dimulai. Hal ini disampaikan Budi Gunadi dalam rapat kerja virtual bersama Komisi IX DPR pada 13 Juli 2021.

"Rencananya, mulai minggu ini kita berikan dosis ketiga. Tapi ini hanya untuk nakes," tegas Budi.

Budi mengaku bahwa pemberian vaksin COVID-19 booster pada nakes ini memang hal sensitif mengingat masih banyak warga yang belum menerima vaksin COVID-19.

"Jadi, ini hanya untuk nakes supaya mereka bisa terproteksi bisa menahan melewati gelombang COVID-19 karena orang kurang disiplin," katanya.

Kebijakan untuk melakukan vaksinasi dosisi ketiga pada nakes muncul karena banyak dokter, bidan, perawat yang terinfeksi COVID-19 saat kasus ini melonjak. 

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!
Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M! (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya