10 Fakta Tuberkulosis yang Wajib Anda Ketahui

Banyak fakta yang perlu Anda ketahui seputar tuberkulosis alias TB. Salah satunya, 1,4 juta orang meninggal karena TB pada tahun 2019

oleh Novia Harlina diperbarui 01 Sep 2021, 10:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2021, 10:00 WIB
TBC
Ilustrasi Penyakit TBC (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Tuberkulosis (TBC) masuk dalam daftar penyakit mematikan di dunia, sekitar seperempat penduduk dunia terinfeksi bakteri tuberkulosis (TB). Hanya sebagian kecil dari mereka yang terinfeksi akan menjadi sakit TB.

Dilancir dari laman resmi World Health Organization (WHO), orang dengan sistem kekebalan yang lemah memiliki risiko yang jauh lebih besar untuk jatuh sakit akibat TB. Sementara seseorang yang hidup dengan HIV berisiko 20 kali lebih mungkin untuk mengembangkan TB aktif.

Cetak biru bagi negara-negara untuk mengakhiri epidemi TB adalah dengan menurunkan kematian, insiden TB, dan menghilangkan biaya bencana.

Ini menguraikan target dampak global untuk mengurangi kematian TB sebesar 90 persen dan untuk memotong kasus baru sebesar 80 persen antara tahun 2015 dan 2030.

Menurut WHO, ada 10 fakta tentang tuberkulosis, apa sajakah itu?

Fakta 1

Pada 2019, diperkirakan 10 juta orang jatuh sakit tuberkulosis (TB) di seluruh dunia. 5,6 juta diantaranya pria, 3,2 juta wanita dan 1,2 juta anak-anak. TB terdapat di semua negara dan kelompok umur, tetapi TB dapat disembuhkan dan dicegah.

Fakta Kedua

Sebanyak 1,4 juta orang meninggal karena TB pada tahun 2019 (termasuk 208.000 orang dengan HIV). Di seluruh dunia, TB adalah salah satu dari 10 penyebab kematian teratas dan penyebab utama dari agen infeksi tunggal (di atas HIV/AIDS).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


TB Pembunuh Utama pada Orang dengan HIV

Fakta Ketiga

Pada 2019, 30 negara dengan beban TB tinggi menyumbang 87 persen kasus TB baru. Delapan negara menyumbang dua pertiga dari total, dengan India memimpin penghitungan, diikuti oleh Indonesia, Cina, Filipina, Pakistan, Nigeria, Bangladesh dan Afrika Selatan.

Fakta Keempat

Pada 2019, 1,2 juta anak jatuh sakit TB secara global. TB anak dan remaja sering diabaikan oleh penyedia layanan kesehatan dan sulit untuk didiagnosis dan diobati.

Fakta Kelima

TB adalah pembunuh utama orang dengan HIV. Pada tahun 2018, proporsi orang dengan HIV yang meninggal karena TB turun 16 persen dari 22 persen pada tahun 2000.

Dari 900.000 orang yang diperkirakan menderita TB terkait HIV pada tahun 2018, sebanyak 477.461 orang menderita TB dan HIV, 86 persen diantaranya memakai terapi antiretroviral.

Sebagian besar kesenjangan dalam deteksi dan pengobatan berada di Wilayah Afrika menurut data WHO, di mana beban TB terkait HIV adalah yang tertinggi.

 


Awas Multi-Drug Resistan

Fakta Keenam

Multidrug-resistant TB (MDR-TB) tetap menjadi krisis kesehatan masyarakat dan ancaman keamanan kesehatan.

Pada tahun 2018, diperkirakan ada setengah juta kasus baru dengan resistensi terhadap rifampisin (obat lini pertama yang paling efektif), di mana 78 persen diantaranya menderita TB-MDR.

Dalam beberapa kasus, bentuk TB yang resistan terhadap banyak obat yang bahkan lebih parah dapat berkembang dengan pengobatan yang buruk. TB yang resistan terhadap obat secara luas (XDR-TB) adalah bentuk TB yang merespon lebih sedikit obat yang tersedia.

Fakta Ketujuh

Pengobatan TB menyelamatkan sekitar 58 juta nyawa secara global antara tahun 2000-2018, tetapi kesenjangan diagnostik dan pengobatan yang penting tetap ada.

Tingkat keberhasilan pengobatan untuk penderita TB adalah 85 persen pada tahun 2017.

Fakta Kedelepan

Secara global, insiden TB turun sekitar 2 persen per tahun, Ini perlu dipercepat ke penurunan tahunan 4-5 persen untuk mencapai tonggak sejarah dari Strategi Akhir TB.

Fakta Sembilan

Dari perkiraan 10 juta orang yang jatuh sakit dengan TB, hanya 7 juta yang terdeteksi dan diberitahu pada tahun 2018, sehingga terjadi kesenjangan 3 juta kasus.

Mengakhiri epidemi TB pada tahun 2030 adalah salah satu target kesehatan dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Fakta Sepuluh

Pendanaan untuk penyediaan layanan pencegahan, diagnostik dan pengobatan TB telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 2006 tetapi masih jauh dari yang dibutuhkan.

Untuk perawatan dan pencegahan TB, investasi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah berjumlah US$ 6,8 miliar pada 2019, berkurang hampir US$ 3,3 miliar dari US$ 10,1 miliar yang diperkirakan dibutuhkan pada 2019 dan hanya lebih dari setengahnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya