Malas Ganti Bra Setiap Hari, Awas Bisa Bikin Ruam sampai Lecet

Sadar atau tidak, bra ternyata merupakan salah satu pakaian yang paling jarang dicuci loh.

oleh Liputan6.com diperbarui 16 Des 2021, 20:00 WIB
Diterbitkan 16 Des 2021, 20:00 WIB
Fakta dan Mitos Seputar Bra dan Kesehatan Payudara, Cek yang Benar di Sini
Ilustrasi bra dan kesehatan payudara. (dok. cottonbro/Pexels)

Liputan6.com, Jakarta - Semakin dekat pakaian dengan tubuh, semakin sering diganti. Namun, ada beberapa orang yang memilih memakai bra yang sama untuk dua hari. 

Manajer komunikasi ilmiah senior Procter & Gamble, Mary Begovic Johnson menjelaskan, bahwa Anda seharusnya tidak mengenakan bra yang sama lebih dari dua hari. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Selain kesehatan, berikut enam hal yang bisa terjadi jika Anda tidak cukup sering mencuci bra, dilansir dari Bustle.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Berkembangnya Bakteri dan Kuman dalam Bra

Memakai bra yagn sama berhari-hari membuat , semakin banyak bakteri, minyak, kotoran, kuman, mikroorganisme, ragi, dan jamur yang berkembang di dalamnya. 

Hal ini dapat menyebabkan jerawat di sekitar area payudara, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif seperti dijelaskan dokter kulit New York, Joshua Zeichner.

Puting lecet juga bisa terjadi ketika ada gesekan konstan antara kain kotor dan kulit berkeringat.

2. Sebarkan bau tak sedap ke pakaian bersih Anda

Tidak masalah berapa kali Anda menyemprotkan parfum saat berpakaian di pagi hari; akan tiba saatnya ketika bra sangat kotor mengeluarkan bau yang sangat tidak mengenakkan.

Bau samar itu berpotensi menular ke pakaian yang lain, dimana Anda bisa berjalan-jalan dengan aroma yang umumnya tidak menyenangkan tersebut.


3. Muncul noda di bra

Jika Anda melihat garis kuning di sepanjang sisi bra, kemungkinan besar itu adalah hasil keringat bercampur minyak, dan kotoran.

 

4. Timbul Jerawat

Jerawat terjadi di mana saja yang terlihat banyak gesekan dan panas berlebih. Pakaian dalam yang berkeringat adalah salah satu penyebab paling umum dari jerawat di tubuh. Hal ini dikarenakan bra sangat ketat dan dekat dengan kulit, sehingga semua bakteri kotor yang menumpuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan kerawat. 

Jadi jika Anda tidak cukup mencuci bra, Anda mungkin bisa terkena jerawat di sepanjang tulang rusuk dan area bawah payudara.


5. Mengalami Ruam dan Infeksi

Mengutip WebMed, pakaian sebagai salah satu hal teratas dalam hidup kita yang menyebabkan iritasi kulit yang serius . Terkadang karena pakaiannya tidak pas, dan tidak sering dicuci. Sama halnya dengan bra

Dr Zeichner menjelaskan bahwa sangat mudah bagi bakteri dan ragi untuk berkumpul area bawah payudara Anda. Itu mereka yang merupakan area yang mereka anggap lembab dan nyaman.

Ragi dan bakteri yang menumpuk pada bra dapat menyebabkan bercak merah muda di mana kulit menjadi kasar, menyebabkan kemerahan dan iritasi, ruam, atau infeksi.

6. Puting Lecet

Dokter kulit yang berbasis di Boston, Robin Travers, MD, mengatakan bahwa salah satu penyebab lecet pada puting adalah pakaian dalam yang berkeringat dan kulit kering.

Bahkan sedikit kelembapan yang terperangkap di antara kain kotor dan kulit halus dapat mengubah area puting menjadi zona berbahaya.

 

Reporter: Lianna Leticia


Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya