Kemenkes: Kasus Omicron COVID-19 di Tangerang dan Depok Sudah Melampaui Puncak Delta

Tangerang dan Depok tercatat memiliki kasus Varian Omicron COVID-19 yang tinggi dan sudah melebihi Delta

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 06 Feb 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2022, 10:00 WIB
Covid-19 Omicron mulai mendominasi jawa bali
Warga melintasi mural bertema covid-19 di Tanah Tinggi, Tangerang, Sabtu (29/1/2022). Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus bertambah dan wilayah penyebarannya semakin meluas. Diperkirakan, kasus omicron sudah mendominasi penularan virus corona di Jawa Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menunjukkan bahwa angka kasus COVID-19 Omicron di Tangerang, Banten, dan Depok sudah melampaui puncak varian Delta. Sementara, DKI Jakarta dan Bali diperkirakan segera menyusul.

Sedangkan, angka hospitali atau jumlah pasien yang rawat inap di rumah sakit yang disebabkan Omicron masih sekitar 30 persen dari puncak Delta.

Dari data ini, Kemenkes RI berharap agar angka hospitalisasi tetap terjaga hingga akhir Februari 2022.

Walau varian Omicron telah melampaui puncak Delta di Tangerang dan Depok, masyarakat diimbau tetap tenang tapi waspada dalam menghadapi kenaikan kasus yang dipastikan akan tinggi dalam dua hingga tiga minggu ke depan.

"Masyarakat tetap tenang tapi waspada menghadapi kenaikkan kasus yang pasti akan tinggi dalam dua sampai tiga minggu ke depan," dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 6 Februari 2022.

Simak Video Berikut Ini


Bagi OTG dan Gejala Ringan

Guna menjaga ketersediaan tempat tidur rumah sakit, masyarakat yang terpapar COVID-19 tanpa gejala atau gejala ringan juga diimbau untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Bagi masyarakat yang terpapar sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) atau gejala ringan (batuk, pilek, demam tapi saturasi 95 lebih dari 95 persen), yang tidak komorbid berat atau lanjut usia (lansia), sebaiknya dirawat di rumah atau isoter saja.”

“Agar rumah sakit (RS) bisa digunakan oleh yang benar-benar membutuhkan. Ini beberapa data yang menunjukkan sebenarnya keterisian RS kita, kalau sesuai aturan Kemenkes, bisa berkurang 60-70 persen.”

 


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya