Jadwal Vaksinasi COVID-19 Primer dan Booster DKI Jakarta Hari Ini, 20 Februari 2022

Berikut jadwal dan lokasi vaksinasi COVID-19 di DKI Jakarta pada hari ini, Minggu, 20 Februari 2022.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 20 Feb 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2022, 07:00 WIB
Kejar Capaian Target Vaksinasi
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga Pancoran Buntu II di Pancoran, Jakarta, Jumat (10/12/2021). Sebanyak 23 warga Pancoran Buntu II yang termasuk kelas golongan menengah ke bawah menerima vaksin untuk menciptakan kekebalan kelompok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpendapat, percepatan vaksinasi dan dibarengi dengan disiplin protokol yang dilakukan serius akan membawa Indonesia pulih dari pandemi COVID-19.

"Saya rasa kalau dua hal ini bisa kita tingkatkan secara masif di masyarakat, Insyaallah negara kita akan segera masuk ke dari pandemi ke endemi. Kita harapkan juga pemulihan ekonomi nasional juga bisa kita percepat," kata Jokowi saat meninjau pelaksaan vaksinasi di 17 provinsi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (18/2/2022).

Dia mengatakan, saat ini capaian vaksinasi dosis kedua dan ketiga atau booster di sejumlah daerah masih rendah yakni, di bawah 60 persen. Jokowi pun meminta agar penyuntikkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga digencarkan, khususnya untuk masyarakat lanjut usia (lansia).

"Karena dari data terakhir yang saya terima, 69 persem yang meninggal karena Omicron adalah lansia yang pertama, yang kedua yang belum divaksin," ucap Jokowi.

Jokowi juga meminta pemerintah daerah memprioritaskan vaksinasi booster di tempat-tempat yang memiliki interaksi tinggi. Misalnya di pasar dan pertokoan.

Di DKI Jakarta, program vaksinasi pun masih terus digencarkan. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, vaksinasi masih sangat efektif mencegah dan meringankan gejala COVID-19.

"Vaksinasi saat ini masih sangat efektif mencegah COVID-19 dan meringankan gejala yang terjadi akibat paparan virus," ujar Widyastuti.

Masyarakat yang memenuhi syarat vaksinasi namun belum mendapat dosis pertama diimbau untuk segera mendaftarkan diri. Demikian pula individu yang telah memasuki jadwal penyuntikan dosis kedua, bisa melengkapi vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat yang menyelenggarakan vaksinasi.

Pendaftaran vaksinasi bisa dilakukan online melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi. Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pre-screening tes online. Lokasi vaksinasi COVID-19 juga bisa dilihat melalui aplikasi Google Maps.

Berikut lokasi dan jadwal vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan kedua di DKI Jakarta pada hari ini, Minggu, 20 Februari 2022.

Jakarta Selatan 

1. Smartco Laboratorium and Research, Tebet, Jakarta Selatan 

Jenis vaksin: 

  • Sinovac (dosis pertama dan kedua) pukul 09.00 - 11.30 WIB

Infografis

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya