Momen Hangat Atta Halilintar Skin to Skin Contact dengan Baby A, Ini Manfaatnya

Momen skin to skin contact yang dilakukan Atta dengan menggendong baby A bukan hanya ungkapan kasih semata. Hal tersebut juga memiliki banyak manfaat bagi si bayi yang baru lahir ke dunia.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 23 Feb 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2022, 07:00 WIB
Atta Halilintar skin to skin contact dengan Baby A usai lahir ke dunia. (Foto: Potongan layar YouTube AH)
Atta Halilintar skin to skin contact dengan Baby A usai lahir ke dunia. (Foto: Potongan layar YouTube AH)

Liputan6.com, Jakarta - YouTuber Atta Halilintar kini sudah resmi jadi ayah. Usai Baby A lahir pada Selasa, 2 Februari 2022, suami Aurel Hermansyah ini pun berbagi kebahagiaan saat pertama kali melihat buah cintanya.

"Pas lahir masih ungu (kulitnya) habis itu putih banget, Bun. Rambutnya tebal. Lucu banget, Bun," cerita Atta kepada ibu mertuanya, Ashanty.

Atta bisa dengan detail menceritakan anak pertamanya dengan Aurel ini karena juga sudah melakukan kontak kulit dengan kulit dengan sang bayi. Pria 27 tahun memeluk sang bayi dengan kondisi kulit mereka bertemu atau skin to skin concact.  

"Aku udah 30 menit skin to skin (contact). Seneng banget," kata Atta antusias lewat video di akun YouTube-nya AH pada Selasa (2/2/2022).

Momen skin to skin contact yang dilakukan Atta dengan menggendong Baby A bukan hanya ungkapan kasih semata. Hal tersebut juga memiliki banyak manfaat bagi si bayi yang baru lahir ke dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Hebat Skin to Skin Contact

Aurel Hermansyah - Atta Halilintar (Foto: Instagram/@attahalilintar)
Aurel Hermansyah - Atta Halilintar (Foto: Instagram/@attahalilintar)

Pada saat janin masih berada dalam kandungan ibu, ia merasa aman dan nyaman. Namun, ketika keluar janin ia mesti mengatur napas, mengatur detak jantung serta suhu tubuh sendiri. Itu adalah masa-masa transisi bagi bayi seperti disampaikan Direktur Divisi Neonatalogi Children's Hospital Montefiore, Amerika Serikat, Deborah E Campbell.

"Tetapi dengan ibu atau ayah tetap dekat dengan bayi lewat skin to skin contact, itu memilik manfaat luar biasa. Hal ini membuat bayi melalui masa transisi dengan lebih mudah," kata Deborah mengutip laman Fatherly.

 

 


Bayi Lebih Tenang, Ayah Tidak Cemas

[Fimela] Anak Aurel dan Atta Halilintar
Anak Aurel dan Atta Halilintar (Instagram/krisdayantilemos)

Salah satu studi pada 2019 yang ditulis oleh Xiaoli Huang dan kawan-kawan mengungkapkan manfaat luar biasa bila ayah melakukan skin to skin contact pada bayi yang lahir secara caesar.

Bayi yang mendapatkan sentuhan fisik skin to skin contact dari ayah setelah lahir cenderung memiliki detak jantung dan suhu tubuh lebih stabil serta lebih jarang menangis.

Poin plusnya, para ayah berisiko lebih rendah alami kecemasan menghadapi kehadiran bayi mungil mereka.

Bukan cuma saat lahir, di masa-masa awal kehidupan skin to skin contact yakni pelukan kulit bertemu kulit antara bayi dengan ayah juga membuat bayi lebih tenang dan mudah tidur.

Hal tersebut terbukti dalam studi kecil di Swedia. Para ayah yang istrinya baru melahirkan caesar diminta melakukan skin to skin contact dengan bayi. Ayah menaruh bayi di dada selama beberapa waktu. Setelah 15 menit lakukan skin to skin contact bayi tersebut jadi lebih tenang dan lebih cepat tidur seperti mengutip laman WebMD.

 

 


Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya