6 Langkah untuk Pastikan Kualitas Produk Kesehatan yang Akan Dikonsumsi

Untuk memastikan kualitas produk kesehatan yang akan dikonsumsi, kosunem dapat melakukan langkah berikut

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Mar 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 11 Mar 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi suplemen (PIxabay)
Ilustrasi suplemen (Foto: Pixabay/Bru-nO)

Liputan6.com, Jakarta - Selama pandemi, kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Salah satunya dengan memilih dan mengonsumsi suplemen kesehatan.

Dorongan untuk mengonsumsi suplemen kesehatan dipicu oleh pandemi yang membuat setiap orang lebih menjaga kesehatan agar tidak terpapar penyakit.

Kesadaran masyarakat yang meningkat terhadap kesehatan, tak dimungkiri juga memberi tantangan tersendiri bagi produsen produk kesehatan, termasuk produsen vitamin dan suplemen.

Head of Marketing and Communication Amway Indonesia Dharmaparayana Sthirabudi mengatakan, kini konsumen bukan hanya semakin sadar akan pentingnya kesehatan, melainkan juga semakin kritis dan memerhatikan kualitas.

"Konsumen yang semakin cerdas dan kritis dalam memerhatikan kualitas produk kesehatan telah mendorong pelaku industri kesehatan untuk terbuka dan memastikan produk mereka aman dan efektif," ujar Dharmaparayana, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Liputan6.com.

Untuk memastikan kualitas produk kesehatan yang akan dikonsumsi, kosunem dapat melakukan langkah berikut:

 

 


6 langkah

1. Cermati kemasannya

Kemasan sejatinya berfungsi untuk melindungi produk dari kontaminasi. Obat-obatan atau vitamin dan suplemen yang baik memiliki kualitas kemasan yang baik dan kuat, serta tidak mudah rusak.

2. Cek komposisinya

Konsumen bisa mencermati komposisi yang biasanya tertera pada label di kemasan. Sebaiknya sebelum memilih suatu produk, konsumen perlu mengenali dulu kebutuhan tubuh masing-masing, sehingga dapat memilih produk dengan komposisi yang paling tepat.

3. Periksa tanggal kedaluwarsa

Cara ini tentunya bukan hanya penting dilakukan ketika memeriksa kualitas produk obat-obat serta vitamin dan suplemen, melainkan produk apa pun yang akan masuk ke tubuh manusia atau diaplikasikan pada tubuh manusia, seperti makanan, produk perawatan kulit dan kecantikan.

4. Pastikan kealamian bahan bakunya

Produk kesehatan terbaik tentunya adalah yang menggunakan bahan alami dan diproduksi dengan metode yang tidak berisiko mengurangi kadar nutrisi alami dari bahan baku tersebut.

5. Periksa izin edar

Indonesia memiliki Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) yang bertugas untuk memastikan produk makanan dan kesehatan atau obat itu asli. Semua produk makanan dan kesehatanharus terdaftar dan memiliki izin edar dari BPOM, tak terkecuali vitamin dan suplemen.

6. Kenali perusahaan produsen dan telusuri proses pembuatannya

Terakhir, penting sekali bagi konsumen untuk memilih produk obat, vitamin, suplemen kesehatan yang#AsalnyaJelas, bukan hanya perusahaannya yang jelas, melainkan juga bahan baku dan prosesproduksinya. Dalam hal ini, konsumen bisa mencari tahu kredibilitas perusahaan, proses manufaktur, tanggung jawab perusahan, serta testimoni dari konsumen lainnya.

Produsen produk kesehatan yang sangat mementingkan kualitas, tentunya tidak ragu untuk menunjukan proses manufakturnya. Bahkan kini banyak perusahaan yang sudah membuka akses bagi konsumen untuk secara langsung memeriksa asal dari bahan baku produk yang mereka konsumsi.

Fitur yang sering disebut “traceability” ini kinisemakin marak di pasaran, mengingat konsumen semakin cerdas dan semakin memperhatikan kualitas.


Contoh Merek dengan Fitur Traceability

Salah satu contoh brand yang telah menyediakan akses virtual bagi lokasi perkebunan tempat ditanamnya bahakn baku produk adalah Nutrilite. 

Fitur berbasis web ini telah dikembangkan sejak tahun 2019. Melalui sebuah website, konsumen dapat memantau proses produksi suplemen kesehatan Nutrilite mulai dari melihat perkebunan lokasi bahan baku ditanam secara real-time, menelusuri kualitas bahan baku produk karena setiap benih yang digunakan memiliki akta kelahiran hingga produk sampai ke tangan konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen lebih yakin akankualitas dari setiap butir produk yang mereka konsumsi, karena #AsalnyaJelas.

“Kami percaya bahwa ketika bicara mengenai produk suplemen kesehatan, bahan baku yang memegang peranan terpenting adalah bahan baku yang berasal dari tumbuhan. Itu menjadi prinsip utama yang mendasari janji Nutrilite, yaitu ‘dari benih menjadi produk’, yang artinya kami melakukan semua prosesnya sendiri dari mulai pemilihan benih hingga menjadi produk jadi, serta memperhatikan kualitas setiap benihnya juga kualitasprosesnya. Dengan Nutrilite, setiap butir produk yang kamu konsumsi pasti #AsalnyaJelas,” Dharmaparayana melanjutkan.

 

 


Infografis

Infografis 8 Fakta Covid-19 Varian Omicron
Infografis 8 Fakta Covid-19 Varian Omicron (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya