3 Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat Versi Menkes Budi Gunadi

Menkes RI Budi Gunadi Sadikin membagikan 3 tips untuk bantu jaga tubuh tetap sehat dan bugar.

oleh Liputan6.com diperbarui 21 Okt 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2022, 16:00 WIB
Menkes Budi Gunadi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Dexa

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin berbagi tips jaga kesehatan. Menurutnya hal itu perlu dilakukan secara konsisten agar terus sehat. 

“Untuk sehat itu perlu ada usaha dan ilmunya. Saya kasih 3 tips mudah agar sehat. Ini harus kita terapkan dengan konsisten, karena akan membuat hidup kita lebih baik,” kata Budi saat menghadiri Gebyar Hari Kesehatan Nasional Tingkat Provinsi Banten, pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Berikut tiga tips jaga kesehatan versi Budi Gunadi Sadikin:

1. Atur pola makan sesuai kebutuhan

Jumlah porsi makan yang disajikan setiap makan harus sesuai Isi Piringku. Porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari makanan pokok dan lauk-pauk sebanyak 50 persen serta buah dan sayur sebanyak 50 persen.

Menkes mengimbau untuk batasi jumlah gula, garam, dan lemak saat menyiapkan Isi Piringku.

Apa saja Isi Piringku?

-Makanan pokok, dapat berupa nasi atau sumber karbohidrat lain seperti kentang, ubi jalar, jagung, singkong, maupun gandum.

-Lauk-pauk yang merupakan sumber protein, baik hewani maupun nabati. Sumber protein hewani misalnya ikan, daging, dan telur. Sedangkan protein nabati dapat diperoleh dari tahu dan tempe.

-Sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Beberapa contoh sayuran tinggi vitamin dan serat yaitu kangkung, bayam, wortel, dan brokoli.

-Buah, tak hanya segar, tetapi juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Anda bisa mengonsumsi pisang, apel, mangga, jeruk, melon, semangka., dan lainnya.

“Kalau mau sehat, makannya harus diatur sesuai umurnya. Kalau bayi protein hewani seperti telur dan susu harus diperbanyak, untuk usia dewasa sebaliknya, untuk karbohidrat mulai kurangi dan diatur supaya tidak menimbulkan penyakit diabetes dan obesitas,” ujar Budi seperti mengutip keterangan yang diterima Liputan6.com.

Selain itu, ingat selalu untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup dan jaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Rutin Lakukan Aktivitas Fisik

Selain konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, aktivitas fisik juga harus dilakukan. Menurut Budi, rutin melakukan aktivitas fisik selama 30 menit sehari dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Aktivitas fisik yang dilakukan juga dapat disesuaikan dengan kondisi individu dan alat-alat yang tersedia.

“Olahraganya bisa apa saja, bisa bersepeda, lari, jalan sehat. Kalau kita konsisten, semua penyakit akan menjauh. Jadi kuncinya itu, disiplin dan kemauan yang kuat,” tuturnya.

Bergerak bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya naik turun tangga atau melakukan beberapa workout simpel di rumah.

Menilik Mayo Clinic, melakukan aktivitas fisik yang teratur memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, diantaranya:

-Mengontrol berat badan

-Mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan, misalnya stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, gangguan kecemasan, dan berbagai jenis kanker.

-Meningkatkan suasana hati

-Meningkatkan energi

-Meningkatkan kualitas tidur


3. Rutin Cek Kesehatan

Ilustrasi cek kondisi kesehatan, dokter
Ilustrasi cek kondisi kesehatan, dokter. (Photo created by pikisuperstar on www.freepik.com)

Tips terakhir, Budi meminta masyarakat rutin cek kesehatan, terutama cek risiko penyakit stroke, jantung, dan kanker yang merupakan tiga penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penderita yang tidak merasakan keluhan apa pun dan baru mengetahui jika ia mengidap penyakit tersebut ketika kondisinya sudah parah.

Pemeriksaan kesehatan penting untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang secara umum. Ini berguna untuk mendeteksi gejala awal suatu penyakit serius sehingga dapat langsung ditangani. Hal ini juga dapat meningkatkan kemungkinan kesembuhan pasien.

“Periksa setidaknya 6 bulan atau 1 tahun sekali. Misalnya perempuan paling banyak kanker payudara harus dicek sejak awal. Kalau jantung harus periksa kolesterol, ini di cover BPJS. Lalu stroke, periksa tekanan darah jangan sampai diatas 140/90 mmHg,” katanya. 

Ingatlah untuk melakukan pemeriksaan teratur meskipun tidak merasakan gejala atau keluhan yang signifikan. Kemudian, apabila Anda memiliki risiko terserang suatu penyakit, segera kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat.


Kalau Mau Ekonomi Maju, Jangan Sampai Sakit

Meningkatkan Sistem Imun
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/Chloe

Peningkatan kesehatan masyarakat penting untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa. Untuk mencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera, diperlukan koordinasi dari seluruh komponen bangsa yang mencakup pemerintah, aparat kesehatan dan masyarakat itu sendiri.

“Aku titip, kalau kita hidupnya mau sehat, ekonominya mau maju, dan mau lebih produktif. Kuncinya satu, harus sehat, jangan sampai sakit. Jaga agar hidup sehat jangan sampai sakit."

Dengan menerapkan tiga tips di atas, masyarakat diharap dapat hidup lebih sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Tak hanya itu, menurut situs Harvard Health Publishing, menemukan cara untuk mengurangi stres adalah strategi lain yang dapat membantu Anda tetap sehat, mengingat hubungan antara stres dan berbagai gangguan kesehatan.

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres. Anda bisa mencoba meditasi dan yoga. Bermain di akhir pekan dan berlibur juga dapat menurunkan stres dan meningkatkan suasana hati seseorang.

(Adelina Wahyu Martanti)

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya