[Kolom Pakar] Prof Tjandra Yoga Aditama: Penanganan Kesehatan Pasca Gempa

Gempa Cianjur, Jawa Barat yang terjadi pada 21 November 2022 pukul 13.21 WIB menimbulkan ratusan korban jiwa juga ratusan orang luka-luka.

oleh Prof Tjandra Yoga Aditama diperbarui 22 Nov 2022, 12:37 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2022, 07:25 WIB
direktur
Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI sekaligus Guru Besar FKUI, Prof. Tjandra Yoga Aditama. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Kita amat berduka dengan lebih dari seratus orang yang wafat dan ratusan yang luka-luka akibat gempa Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya bila menilik data semaalm.

Sampai pagi hari ini korban gempa terus bertambah. Menurut berbagai data ilmiah maka beberapa jam sesudah gempa akan banyak ditemukan kasus serius, luka, patah tulang sampai kerusakan organ dalam tubuh akibat berbagai benturan ketika gempa.

Kasus-kasus berat dapat mengakibatkan gangguan berbagai alat/sistem tubuh yang memerlukan penanganan segera. Salah satu penelitian lain menunjukkan dari kasus-kasus yang ada maka sekitar 65 persen mengalami luka-luka, 22 persen patah tulang, 6 persen kerusakan jaringan lunak dan persentasi cukup banyak yang ada trauma di tungkai dan lengan.

Sesudah hari-hari pertama sesudah bencana maka akan timbul berbagai masalah kesehatan lain. Bahkan mungkin sampai ke terjadinya gagal multiorgan atau infeksi berat sampai dapat terjadi sepsis dan lain-lain.

Tentu juga perlu diwaspadai perburukan penyakit kronik yang memang sudah ada pada warga sejak sebelum gempa, dan ini harus diantisipasi sejak sekarang.

Juga perlu diwaspadai setidaknya empat jenis kemungkinan merebaknya penyakit menular, yaitu:

a) penyakit yang ditularkan melalui air (water-borne disease)

b) penyakit menular lewat makanan (“foodborne disease”)c) penyakit paru dan pernapasand) penyakit yang menular melalui kontak langsung antar manusia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Enam Langkah Kesehatan Saat Gempa

Berikut saya sampaikan enam langkah kesehatan yang perlu dilakukan pada saat bencana seperti gempa ini, yaitu:

1) Penilaian cepat apa yang dibutuhkan segera (rapid needs assessments);

2) Mengevaluasi apa sumber daya yang tersedia dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan. Dalam hal ini pengaturan pelayanan di RS di Cianjur dan sekitarnya sebaiknya jadi prioritas utama untuk dilaksanakan;

3) Upaya pencegahan terhadap dampak kesehatan selanjutnya, sesudah yang yerjadi di jam-jam dan hari-hari pertama sesudah gempa;

4) Segera menerapkan strategi pengendalian penyakit, baik menular maupun tidak menular yang kronik;

5) Selalu melakukan evaluasi terhadap efektifitas strategi yang dilakukan;

6) Perbaikan “contingency planning” untuk antisipasi kemungkinan bencana di masa datang

 

** Penulis adalah Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI / Guru Besar FKUI juga Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara serta Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit serta Mantan Kabalitbangkes

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya