Sontek 6 Tips Ini Agar Kamu Tidak Gampang Sakit di Musim Hujan

Musim hujan membuat tubuh rentan terkena penyakit, seperti flu, batuk, pilek, penyakit kulit, hingga demam berdarah.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 24 Nov 2022, 16:18 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2022, 16:18 WIB
Minum Suplemen yang Bisa Jadi Immune Booster
Ilustrasi minum suplemen. (credit via shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Di tengah musim penghujan saat ini, setiap orang harus meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Musim hujan membuat tubuh rentan terkena penyakit, seperti flu, batuk, pilek, penyakit kulit, hingga demam berdarah. Bila sudah jatuh sakit, tentu saja akan banyak aktivitas yang bisa terganggu. 

Situasi makin berbahaya bila penyakit yang dialami tergolong penyakit menular, sehingga bisa mengancam anggota keluarga yang di rumah maupun teman-teman. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar tubuh tidak rentan sakit.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tidak gampang sakit.

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Asupan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar asupan gizi terpenuhi, kita harus mengonsumsi pola makan sehat yang terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Selain itu, disarankan juga mengonsumsi probiotik seperti tahu, tempe dan yogurt agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Mengonsumsi probiotik membantu menjaga usus agar sistem pencernaan lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Tidur yang Cukup

Ilustrasi Pria Tidur (sumber: unsplash)
Ilustrasi Pria Tidur (sumber: unsplash)

Tubuh perlu istirahat setelah beraktivitas seharian. Ambillah waktu istirahat dan tidur secukupnya. Hindari begadang karena dapat membuat tubuh lelah dan sulit berkonsentrasi. Terlalu sering begadang juga dapat terserang resiko penyakit. Orang dewasa dianjurkan untuk memiliki waktu tidur per harinya adalah 7 – 9 jam. Sementara anak – anak 9 – 11 jam.

3. Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Agar tubuh tetap sehat, penting untuk mengkonsumsi vitamin. Vitamin yang paling utama untuk menjaga daya tahan tubuh adalah Vitamin C. Vitamin C mampu mencegah datangnya penyakit seperti flu dan batuk. Kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan sebagainya.


4. Memperbanyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih
Ilustrasi (iStock)

Walaupun memasuki musim hujan, tetap cukupi kebutuhan cairan dalam tubuhmu dengan mengonsumi air putih. Air putih memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan metabolisme, menjaga konsentrasi, menjaga kesehatan pencernaan, dan masih banyak lagi. Disarankan untuk kamu mengonsumsi air putih sebanyak delapan (8) gelas atau setara dengan 2 Liter setiap harinya.

5. Jaga Kebersihan Tubuh

Jaga kebersihan tubuh kamu dengan sering mencuci tangan dengan sabun. Dalam musim hujan kuman dan bakteri mudah berkembang karena lembab, dan tangan adalah salah satu media yang paling umum masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Selain itu, segera mandi dan keramas setelah bepergian dari luar agar kuman dan bakteri tidak menempel di tubuh kita.


6. Berolahraga

Ilustrasi bersepeda
Ilustrasi bersepeda. Sumber foto: unsplash.com/Coen van den Broek

Meski musim hujan, kamu tetap harus berolahraga agar tubuh tetap bugar. Kamu bisa lakukan olahraga ringan di rumah selama 30 menit, seperti yoga, naik turun tangga, atau senam. Latihan fisik selama 30 menit juga bisa mengaktifkan sel darah putih dan dapat memperbaiki mood seseorang.

Itulah beberapa poin penting yang dapat kamu terapkan agar tubuh tetap fit di musim hujan. Jaga dirimu karena kita tidak tahu kapan virus menyerang tubuh kita. Jangan lupa terapkan pola hidup sehat!

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya