Satu Anak Positif Polio di Purwakarta, IDAI: Alarm buat Kita, Ayo Imunisasi

Kemunculan kasus polio di Purwakarta menjadi 'alarm' bersama untuk menyegerakan imunisasi anak.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 21 Mar 2023, 19:10 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2023, 19:10 WIB
Ketahui Waktu yang Tepat untuk Vaksin HPV demi Cegah Kanker Serviks
Ilustrasi Muncul satu kasus positif polio di Purwakarta menjadi alarm untuk segera melakukan imunisasi anak. (pexels/artempodrez).

Liputan6.com, Jakarta Kemunculan satu anak positif polio di Purwakarta, Jawa Barat menjadi 'alarm' bersama untuk menyegerakan imunisasi anak, khususnya imunisasi polio. Penegasan ini disampaikan oleh Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso.

Padahal, menurut Piprim, penyakit polio termasuk salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi. Kemunculan polio di Kabupaten Purwakarta turut menandakan Indonesia masih dalam situasi PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi).

"Kasus polio di Purwakarta ya, artinya bahwa kita dalam situasi kritis darurat terhadap PD3I, penyakit penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi," kata Piprim kepada Health Liputan6.com usai acara Dialog Interaktif Kesehatan: Sirup Obat Aman Untuk Anak di Royal Hotel Kuningan, Jakarta pada Selasa, 21 Maret 2023.

"Polio yang termasuk PD3I akan muncul ketika cakupan imunisasi sangat rendah, artinya ya kantong-kantong yang polionya sangat rendah itu ada bahkan di dekat kita gitu kan. Purwakarta kan enggak jauh dari Jakarta."

Cara Paling Gampang adalah Imunisasi

Menilik kondisi di atas, Piprim menyerukan agar upaya imunisasi lengkap anak perlu digencarkan.

"Oleh karena itu, saya kira, ayo ini backup call ini, alarm buat kita semua. Ayo bangun, ini (polio) penyakit yang dulunya udah terkendali itu udah pada bermunculan," imbuhnya.

"Ayo, kita berbuat sesuatu, yang paling murah dan paling gampang adalah vaksinasi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Upaya Imunisasi Lengkap Anak Belum Pulih Gegara Pandemi COVID-19

Anak-Anak Saat Divaksin Campak Hingga Polio
Upaya imunisasi lengkap anak belum pulih sehingga muncul penyakit polio. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kembali ditegaskan oleh Piprim Basarah Yanuarso, imunisasi lengkap anak dinilai masih belum pulih. Apalagi semenjak ada pandemi COVID-19, imunisasi anak menjadi terkendala.

Dengan demikian, butuh upaya yang lebih gencar untuk menyerukan pentingnya imunisasi anak agar PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi) tidak muncul dan merebak di Indonesia.

"Imunisasi belum pulih ya, masih belum pulih. Butuh effort kita semua termasuk media ya jangan nyebarin hoaks," ucap Piprim.

Seharusnya Tidak Boleh Ada Lagi Polio

Secara terpisah, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, penyakit polio seharusnya tidak boleh muncul lagi. Terlebih lagi Indonesia sudah eradikasi polio sejak tahun 2014.

Pada waktu itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, Indonesia sudah bebas polio atau eradikasi.

"Kasus polio kan harusnya enggak boleh ada kasus. Kalau polio ini sejak eradikasi, kita enggak boleh ada kasus lagi yang konfirmasi," ucapnya usai acara 'Pemberian Penghargaan Penanganan COVID-19' di Gedung Kementerian Keuangan RI Jakarta pada Senin, 20 Maret 2023.


Pentingnya Imunisasi Cegah Polio

Imunisasi Anak dengan Protokol Kesehatan
Seorang anak diukur tumbuh kembangnya sebelum menerima vaksin campak dan polio di sebuah posyandu di Banda Aceh, Aceh, Rabu (4/10/2020). Pemberian vaksin polio dan vaksin campak secara gratis yang berlanjut di tengah pandemi COVID-19 bertujuan memperkuat imunitas anak. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso sebelumnya geram dengan ibu-ibu yang menghalang-halangi anaknya untuk disuntik vaksin polio. Sebab, jika seorang anak sudah terkena polio, maka anak itu bisa lumpuh seumur hidup.

"Kalau polio, lumpuh seumur hidup. Anak itu susah mau jadi pemain bola. Ya kan? Susah jadi atlet sprinter. Kita bisa bayangkan, bagaimana sedihnya seorang anak yang lumpuh seperti itu," ujar Piprim di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Minggu (20/11/2022).

"Jadi, jadi orangtua enggak boleh egois. Karena perilaku orang tua yang menghalang-halangi anaknya vaksin itu yang jadi korban anaknya. Dia merusak masa depan anaknya."

Orangtua Diharapkan Tak Galau Berikan Vaksin pada Anak

Piprim berharap para orangtua tidak galau, apakah memberikan buah hatinya vaksin atau tidak. Seharusnya, yang perlu lebih dikhawatirkan adalah penyakit.

"Ini kita kan enggak boleh gagal fokus. Enggak boleh keliru memilih prioritas hidup. Masa kita lebih galau sama vaksinnya, padahal efek sampingnya mungkin hanya demam sedikit, itu pun enggak semua demam, mungkin agak bengkak-bengkak, merah-merah sedikit," tuturnya.

Piprim meminta para orangtua harus menjadi sosok yang bijaksana dan cerdas. Ia berharap masyarakat mau melakukan imunisasi demi mencegah penyakit polio.

"Supaya mereka concern dengan penyakitnya dan mereka mau melakukan vaksinasi," imbuhnya.

Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya