Menggendong Kucing Ada Tekniknya, Ini Cara Tepat Gendong Anabul

Bila seseorang asal-asalan menggendong kucing malah bisa menyebabkan si anabul mengalami cedera.

oleh Chelsea Anastasia diperbarui 24 Apr 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2023, 06:00 WIB
Jelang Lebaran, Tempat Penitipan Kucing Peliharaan Mulai Ramai
Karyawan menggendong kucing di tempat penitipan kucing Arnamir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Menggendong kucing ternyata ada tekniknya, lho. Bila seseorang asal-asalan menggendong kucing malah bisa menyebabkan si anabul mengalami cedera.

"Ketika Anda salah menggendongnya, berisiko menyebabkan dia cedera atau kehilangan kepercayaan kepada Anda,” tutur Direktur Rumah Sakit di The Downing Center for Animal Pain Management Colorado, Amerika Serikat, Robin Downing mengutip PetMD, Senin (24/4/2023).

Robin pun mengingatkan bahwa anak bulu satu ini adalah hewan yang lembut. Menggendongnya memang tak bisa asal-asalan.

Ia mengingatkan juga, manusia apalagi pemilik anabul perlu berhati-hati karena kucing adalah hewan yang halus dan membutuhkan kasih sayang. Maka itu, menggendong kucing pun tidak boleh asal-asalan.

“Penting bagi kita untuk berhati-hati saat mengambil dan membawanya kemana-mana,” jelas lulusan Kedokteran Hewan dari University of Chicago, Amerika Serikat (AS) tersebut.

Perkenalkan Diri Dulu ke Kucing

Direktur Medis Anti-Cruelty Society di Chicago, Emily Swiniarski, mengingatkan bahwa perkenalan itu penting menggendong kucing. Diperlukan juga kemampuan membaca bahasa tubuh si anabul.

Mari kita mulai dari kucing kecil alias anak kucing. Robin mengungkapkan, cara teraman untuk menggendong anak kucing adalah dengan menyelipkan satu tangan di antara kedua kaki mereka.

“Selipkan satu tangan di antara kaki depan dari bagian depan tubuh, kemudian selipkan tangan lainnya di antara kaki belakang dari bagian belakang,” terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengajari Anak Gendong Anak Kucing

Arti Mimpi Seputar Kucing Lainnya
Ilustrasi Mimpi Menggendong Kucing Credit:Freepik.com

Anak-anak juga suka gemas ketika melihat anak kucing. Kadang, anak mengambil lalu menggendong anabul dengan sedikit kasar.

Nah, khusus untuk anak-anak, sebaiknya mereka mengambil anak kucing sambil duduk di tanah seperti diungkapkan kepala petugas medis di Preventive Vet Oregon, Jason Nicholas.

Lebih lanjut, Jason menuturkan, cara tersebut dapat membuat anak kucing tidak jatuh dari ketinggian ketika ia memaksa keluar dari gendongan.

Susan mengungkap, anak-anak diperbolehkan untuk menggendong kucing, tetapi orang tua harus tetap mempertimbangkan usia dan perilaku anak tersebut.

“Jika Anda memiliki anak kecil, jangan izinkan mereka mengangkat hewan,” lanjutnya.


Dekap Kucing Saat Diangkat

Intip Potret Amel Carla Dari Artis Cilik Sampai Jadi Mahasiswa Semester Akhir
Momen gemas Amel saat menggendong kucingnya. (Instagram/@amelcarla)

Ketika akan mengankat kucing, disarankan untuk mendekapkan hewan tersebut ke tubuh. 

“Ini untuk meyakinkan mereka bahwa mereka tidak akan jatuh,” lanjut Robin.

Tak hanya itu, seorang dokter hewan di Rumah Sakit Perawatan Hewan Truesdel di Madison, Susan Jeffrey, mengungkap bahwa dia suka mengangkat anabul dengan cepat saat dia mengambilnya. 

"Gerakan ini memungkinkan saya untuk meletakkan tangan saya di bawah perut dan dada. Hal ini dapat memberi mereka rasa aman dan keseimbangan yang stabil," tuturnya.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya