Tak Ikut Berperan Dalam Penobatan Raja Charles III, Pangeran Harry Ada di Urutan Berapa Tahta Kerajaan?

Dalam seremonial penobatan Raja Charles itu, Harry tidak mendapat peran formal ataupun ikut muncul di balkon Istana Buckingham seperti anggota keluarganya yang lain.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 07 Mei 2023, 11:57 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2023, 11:57 WIB
Pangeran Harry. (Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)
Pangeran Harry. (Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth, File)

Liputan6.com, Jakarta - Penobatan Raja Charles III telah berlangsung kemarin, Sabtu, 6 Mei 2023. Prosesi penobatan itu dihadiri oleh anggota Keluarga Kerajaan, tak terkecuali Pangeran Harry yang dikabarkan tengah berselisih dengan kakak dan ayahnya.

Pangeran Harry hadir dalam prosesi penobatan Raja Charles tanpa didampingi oleh sang istri, Meghan Markle, ataupun kedua anaknya. Pada kesempatan itu, Harry juga tampak tidak mengenakan atribut formal seperti Pangeran William. Bahkan, dalam seremonial itu, Harry tidak mendapat peran formal ataupun ikut muncul di balkon Istana Buckingham seperti anggota keluarganya yang lain.

Duke of Sussex telah "mengasingkan diri" sejak memutuskan pindah ke California bersama keluarga kecilnya pada 2020. Dalam tayangan dokumenter di Netflix, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengatakan bahwa Meghan menghadapi rasisme dan mendapat perlakuan tidak baik dari media Inggris.

Mereka juga mengklaim bahwa Keluarga Kerajaan tidak memberikan dukungan. Hal itupun disebut berdampak pada kesehatan mental Meghan Markle. Kurangnya dukungan dari keluarga kerajaan dan kekhawatiran akan keamanan keluarga kecilnya, pasangan tersebut pun memutuskan untuk meninggalkan tugas mereka sebagai anggota keluarga kerajaan senior, dilansir CBS News.

Tak hanya sampai di situ, dalam bukunya, "Spare", Harry pun melancarkan tuduhan lebih jauh serta berbagai komentar pada keluarga kerajaan dalam tur pres perilisan buku tersebut.

Undangan penobatan Raja Charles tampak seperti lembaran baru bagi hubungannya dengan sang ayah. Namun, tampaknya hubungan Harry dengan anggota keluarganya masih tegang.

Selama seremoni berlangsung, Pangeran Harry dan pamannya, Pangeran Andrew, tidak memiliki peran dan tidak bergabung dalam prosesi. Diketahui, Harry datang bersama sepupunya, putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice.


Pangeran Harry Duduk di Deret Bangku Ketiga

Pangeran Harry menghadiri penobatan Raja Charles III. ((Phil Noble/Pool Photo via AP)
Pangeran Harry menghadiri penobatan Raja Charles III. ((Phil Noble/Pool Photo via AP)

Ketika seremoni penobatan, Pangeran Harry tidak duduk dengan bangsawan senior lainnya. Sebaliknya dia berada tiga baris di belakang selama upacara berlangsung. Namun, dia tampak tersenyum di banyak foto dari acara tersebut.

Selama upacara, dia duduk di sebelah suami Putri Eugenie, Jack Brooksbank, dan di belakang bibinya, Putri Anne, dan sepupu Ratu Elizabeth II, Duke of Kent, menurut BBC News.

Selepas upacara penobatan, Pangeran Harry terlihat masuk ke mobil sendirian. Pangeran Andrew, yang juga muncul di baris ketiga, pergi bersama Eugeine dan Brooksbank.

Menurut kabar yang beredar, Pangeran Harry tidak berlama-lama berada di Inggris. Kurang lebih hanya 24 jam dia berada di negaranya sebelum kembali bertolak ke California, AS. 


Pangeran Harry di Urutan Kelima Tahta Kerajaan Inggris

Pangeran Harry
Pangeran Harry hadir di peringatan Anzac Day di Westminster Abbey, London, Inggris, 25 April 2019. (VICTORIA JONES / POOL / AFP)

Tidak dilibatkannya Harry dalam prosesi penobatan Raja Charles III, lalu bagaimana dengan statusnya sebagai pewaris tahta Kerajaan Inggris?

Kakak Harry, Pangeran William, berada di urutan pertama takhta, memiliki peran kunci dalam upacara penobatan Raja Charles. Setelah ayah mereka dinobatkan sebagai raja, William pun mencium ayahnya dan berjanji setia kepadanya.

Putra William yang berusia 9 tahun, Pangeran George, juga berperan sebagai Page of Honor untuk Raja Charles, dan cucu-cucu Camilla berperan sebagai ketiga Page of Honor-nya.

Pangeran Harry masih berada di urutan kelima untuk tahta kerajaan. Ayahnya adalah raja, saudara laki-lakinya, Pangeran William berada di urutan pertama suksesi dan anak-anak William - Pangeran George, Pangeran Charlotte dan Pangeran Louis - masing-masing berada di urutan kedua, ketiga dan keempat.

Sementara Putra Harry, Pangeran Archie, berada di urutan keenam untuk tahta dan putri Putri Lilibet di urutan ketujuh.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya