Content Creator Jadi Profesi yang Banyak Dilirik Ibu Milenial, Intip Trik Suksesnya

Mentor Personal Branding Zata Ligouw mengatakan, content creator bisa menjadi profesi yang menjanjikan jika tahu bagaimana mengoptimalkannya.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 25 Jul 2023, 21:46 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 21:24 WIB
Content Creator
Ilustrasi Content Creator (Photo by Mateus Campos Felipe on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Content creator jadi salah satu profesi yang tampak menjanjikan bagi kaum Hawa yang ingin punya penghasilan namun dengan waktu yang fleksibel. Masa pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang mengandalkan akses digital pun seolah semakin mengukuhkan hal itu. Namun, untuk menjadi content creator sukses tentu saja perlu bekal ilmu yang tepat.

Mentor Personal Branding Zata Ligouw mengatakan, content creator bisa menjadi profesi yang menjanjikan jika tahu bagaimana mengoptimalkannya. Salah satu kuncinya menurut Zata yakni dengan punya keinginan untuk belajar.

"Tipsnya harus punya keinginan belajar lalu cari support system contohnya bergabung dengan komunitas yang mendukung sebagai content creator," ungkap Zata di sela-sela talkshow "Rahasia Sukses Menjadi Content Creator dengan Personal Branding", Sabtu, 22 Juli 2023 di Jakarta Selatan.

Bergabung dengan komunitas juga menjadi salah satu yang dianjurkan Zata untuk content creator pemula.

"Biasanya kita bergabung dengan komunitas itu berkembangnya cepat sekali, jadi mulai aja dulu dengan terus belajar dan bergabung dengan support system yang tepat," tambahnya.

Komunitas Percaya Wanita dari Felancy mendukung para perempuan untuk bisa mengaktualisasikan diri sebagai content creator. 

Program ini bermula dari kepedulian brand pakaian dalam wanita asal Singapura terhadap kaum hawa di masa modern yang serba interaktif dan saling terkoneksi secara digital.

"Karena kita fokus dari wanita untuk wanita, saya pikir kenapa enggak kita buat komunitas untuk membantu orang-orang yang terkena imbas pandemi? Karena wanita juga bisa berkarya, karena sekarang zamannya sudah sama aja mau laki atau perempuan," tutur Marketing Communication Felancy, Agnes Dewi.

"Akhirnya kami bentuk account support kita, Percaya Wanita. Ini kita bentuk untuk membuat komunitas pejuang wanita dan pejuang konten," tambah Agnes.

 

 


Bantu Wanita

Personal Branding
Peserta program Percaya Wanita dibekali dengan ilmu dan teknik dalam membangun personal branding, membuat konten, hingga meningkatkan follower dengan user engagement yang sesuai.

Melalui program dan komunitas Percaya Wanita, Felancy membantu para wanita yang ingin mendapatkan penghasilan sebagai content creator/contributor dengan edukasi yang mendukung.

Peserta program dibekali dengan ilmu dan teknik dalam membangun personal branding, membuat konten, hingga meningkatkan follower dengan user engagement yang sesuai.

Agnes mengatakan, para perempuan akan menjadi lebih percaya diri beraktivitas dengan dukungan yang tepat. Meski tak terlihat, pakaian dalam yang sesuai fungsi dan nyaman akan mampu meningkatkan rasa percaya diri.

"Kami yakin kalo kita memberikan support dari dalam, yaitu dengan pakaian dalamyang tepat sesuai fungsinya, ketika mereka membuat kegiatan mereka akan tampil penuh percaya diri. Support dari luar adalah edukasi," jelas Agnes.

Pada Juli 2023 ini, Felancy membuka kesempatan live pada 15 TikTokers selama 1 bulan. Agnes mengatakan, siapa pun bisa bergabung dengan komunitas Percaya Wanita.


5 Langkah Jadi Content Creator

Berikut lima langkah memulai dan mengoptimalkan cara jadi content creator sukses menurut Zata Ligouw

1. Find your "why"

Temukan alasan kenapa harus menjadi content creator.

Zata mengatakan, dengan menemukan why atau alasannya akan membantu kita tetap konsisten membuat konten saat rasa jenuh melanda.

Zata mencontohkan, "why"-nya adalah para keponakan yang diamanatkan oleh sang ibu kepadanya.

"Jadi why itu boleh berkaitan dengan orang lain atau diri kita sendiri," ucap Zata.

2. Find your way

Setelah menemukan alasan, langkah berikutnya adalah menemukan cara atau jalan untuk mulai membuat konten. Salah satunya bisa dengan memilih media sosial yang akan jadi medium kita membuat konten.

3. Upgrade Skills

Penting untuk selalu menambah dan meningkatkan skill meski kita sudah mulai membuat konten. Caranya bisa dengan ikut berbagai pelatihan atau seminar.

4. Build your brand

Membangun brand pribadi atau personal brand juga tak kalah penting. Ini akan membuat masyarakat dan calon mitra mengetahui bidang atau keahlian kita. Ini juga sekaligus akan menjadi pembeda dari kreator konten lainnya.

5. Monetize

Jika sudah menemukan niche atau ciri khas dari brand kita, kini waktunya untuk memonetisasi konten. Bekerja sama dengan brand lain atau kreator konten lainnya bisa menghasilkan penghasilan tambahan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya