Kondisi Terkini Menko Luhut di Singapura, Sudah Boleh Pegang Ponsel untuk Urusan Kerja

Menko Luhut juga menjelaskan alasannya berobat ke Singapura, alih-alih di Indonesia.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 04 Nov 2023, 11:08 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2023, 11:08 WIB
Luhut
Hari-hari pertama Luhut menjalani perawatan kesehatan di Singapura hanya ditemani tim dokter, ajudan, istri dan anak. (Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengabarkan perkembangan kondisi kesehatannya dari Singapura. Pria yang kerap disapa Opung itu menyebut dirinya telah lebih dari satu bulan menjalani masa pemulihan di negara tetangga dan berangsur-angsur pulih.

"Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses 'recovery' tubuh pasca sakit yang saya alami," buka Luhut dalam unggahan terbarunya di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Sabtu, 4 November 2023.

Ada yang tampak berbeda dalam penampilan terkini LBP. Rambutnya yang biasanya terlihat lebat dan hitam kini berganti cepak dan memutih. Meski demikian, wajahnya terlihat cukup segar. 

Melalui unggahan itu Menko Luhut juga menjelaskan alasannya berobat ke Singapura, alih-alih di Indonesia. Diakuinya, pengobatan awal dijalaninya di dua rumah sakit di Jakarta yakni RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto. Namun, tawaran dari sahabat serta harapan dari keluarga membuatnya menerima usulan menjalani pemulihan yang lebih optimal di Singapura.

"Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, dimana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan yang lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," jelasnya.

Hari-hari pertama Luhut menjalani perawatan kesehatan di Singapura hanya ditemani tim dokter, ajudan, istri dan anak. Pria 76 tahun itu tidak diperkenankan menerima tamu ataupun sambungan telepon. Istri dan anak Luhut memintanya agar fokus memulihkan kesehatan.

Kini, kondisinya berangsur-angsur pulih. LBP pun menyebut telah boleh kembali memegang ponsel untuk mengecek pekerjaan meski hanya sejenak.

"Sekarang saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja, meskipun belum sepenuhnya," curhat Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mulai Boleh Menerima Tamu

Luhut
Luhut menerima Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyempatkan diri menjenguknya selepas kunjungan ke Balikpapan, Jumat, 3 November 2023. (Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan)

Diketahui, Luhut juga sudah diizinkan menerima tamu. Kemarin, Jumat, 3 November 2023, Luhut menerima Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyempatkan diri menjenguknya selepas kunjungan ke Balikpapan.

Selain Jokowi, Luhut juga bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, beberapa menteri, dan teman dekat. Baginya, kunjungan dari rekan kerja dan teman dekat itu seperti suntikan energi untuk pemulihan diri.

"Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," tulisnya.

 


2 Hal yang Mendorong Luhut Cepat Pulih

Luhut pun kemudian berbagi hal yang membuatnya bisa sembuh meski usianya tak lagi muda. Menurutnya ada 2 hal yang menjadi dorongan terbesar bagi pemulihan kesehatannya.

Pertama, sikap pantang menyerah yang dipelajarinya semasa di Kopassus. Lalu yang kedua yakni pertolongan dan kasih Tuhan Yang Maha Esa.

"Ada pepatah mengatakan bahwa kita tidak akan pernah mengetahui arti sesatu hal sampai kita kehilangannya, dan saya mengamini hal ini. Kita tak akan pernah mengetahui nikmatnya hidup sehat sampai kita jatuh sakit," tulis Luhut berfilosofi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya