Kontroversi Penyebaran Nyamuk Wolbachia di Bali, Begini Respons Kemenkes

Penyebaran nyamuk wolbachia di Bali yang disebut-sebut membawa dampak buruk kesehatan.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 13 Jan 2024, 12:41 WIB
Diterbitkan 16 Nov 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi nyamuk
Ilustrasi kontroversi penyebaran nyamuk wolbachia di Bali yang disebut membawa dampak buruk kesehatan. Sumber foto: unsplash.com/Thomas Kinto.

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran nyamuk wolbachia sebagai upaya penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bali ternyata menuai kontroversi dari kalangan masyarakat sendiri. Padahal, sudah disiapkan jutaan telur nyamuk wolbachia yang sebelumnya direncanakan disebar di Denpasar (13/11/2023) dan Buleleng (12/11/2023).

Pada akhirnya, penyebaran wolbachia di kedua daerah di Bali yang akan menjadi area pilot project tersebut dikabarkan ditunda.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi mengakui ada penundaan terhadap penyebaran jutaan nyamuk wolbachia di Bali. Ini dikarenakan ada pihak-pihak yang belum mendapatkan informasi secara jelas terkait manfaat inovasi wolbachia.

"Penundaan lebih kepada kurang optimalnya penyiapan masyarakat, sehingga ada pihak yang merasa belum mendapatkan informasi yang sebenarnya," terang Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.com pada Rabu, 15 November 2023.

Bersikeras Tunda Penyebaran Nyamuk Wolbachia

Penundaan penyebaran wolbachia yang mencuat, kata Nadia, bukan menyoal soal teknologi, melainkan soal informasi dan kesiapan terhadap masyarakat.

"Memang ada sekelompok orang yang mengatasnamakan masyarakat yang cinta Bali bersikeras menunda sebelum semua pihak mendapatkan informasi dan kesiapan yang memadai. Awalnya, bukan kepada persoalan teknologinya yang telah terbukti efektif dan aman," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ingin Proses Penyebaran Wolbachia Dilakukan Kemenkes

Sebagaimana pemberitaan yang beredar, penyebaran telur nyamuk wolbachia di Denpasar, Bali ditunda. Di antaranya, dianggap membawa dampak buruk untuk kesehatan masyarakat nantinya -- namun tidak disebutkan secara jelas dampak yang dimaksud.

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, pihaknya sebenarnya belum ada langkah untuk melaksanakan penyebaran telur nyamuk wolbachia sebelum mendapatkan keputusan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Pemerintah Kota Denpasar sempat melaksanakan pertemuan terkait wolbachia dengan pihak Kementerian Kesehatan, tim ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pihak ketiga.

"Memang harapan dari banyak masyarakat ditunda dulu penyebarannya, bukan kami," kata Jaya Negara dalam keterangan pada Senin (13/11/2023).

Pemkot Denpasar akan melaksanakan penyebaran telur nyamuk ber-wolbachia apabila dalam prosesnya dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI.

"Apabila Kementerian Kesehatan yang nanti melaksanakan dan tidak pihak ketiga, baru kami akan berani melakukan penyebaran itu," sambung Jaya Negara.


Pelaksanaan Wolbachia Tetap Dilanjutkan ke Daerah Lain

Menilik adanya kontroversi penyebaran wolbachia seperti halnya di Bali, apakah upaya penanggulangan Demam Berdarah Dengue (DBD) ini tetap berlanjut ke daerah lain?

Siti Nadia Tarmizi menegaskan, pilot project penyebaran wolbachia akan tetap dilanjutkan ke daerah lain di Indonesia. Hal ini merujuk pada keputusan Menteri Kesehatan RI.

"Piloting di wilayah lain tetap dilanjutkan karena mengacu kepada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1341/2022 Tentang Penyelenggaraan Pilot Project Penanggulangan Dengue dengan Metode Wolbachia," tegasnya.

Turunkan Proporsi Rawat DBD 86 Persen

Sebelumnya, uji coba penyebaran nyamuk ber-wolbachia telah dilakukan di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul pada tahun 2022.

Hasilnya, di lokasi yang telah disebar wolbachia terbukti mampu menekan kasus demam berdarah hingga 77 persen, dan menurunkan proporsi dirawat di rumah sakit sebesar 86 persen.

Wolbachia ini dapat melumpuhkan virus dengue dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, sehingga virus dengue tidak akan menular ke dalam tubuh manusia.

Jika Aedes aegypti jantan ber-wolbachia kawin dengan Aedes aegypti betina, maka virus dengue pada nyamuk betina akan terblok. Selain itu, jika yang ber-wolbachia itu nyamuk betina kawin dengan nyamuk jantan yang tidak ber-wolbachia, seluruh telurnya akan mengandung wolbachia.


Penerapan Wolbachia di 9 Negara Lain

Kementerian Kesehatan RI menerapkan inovasi teknologi wolbachia untuk menurunkan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia.

Selain di Indonesia, pemanfaatan teknologi Wolbachia juga telah dilaksanakan di 9 negara lain. Hasilnya, terbukti efektif untuk pencegahan Dengue. Adapun negara yang dimaksud adalah Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Mexico, Kiribati, New Caledonia, dan Sri Lanka.

Teknologi wolbachia melengkapi strategi pengendalian yang berkasnya sudah masuk ke Stranas (Strategi Nasional).

Sebagai pilot project di Indonesia, dilaksanakan di 5 kota, yaitu Kota Semarang, Kota Jakarta Barat, Kota Bandung, Kota Kupang, dan Kota Bontang berdasarkan Keputusan Menteri kesehatan RI Nomor 1341 tentang Penyelenggaran Pilot project Implementasi Wolbachia sebagai inovasi penanggulangan dengue.

Efektivitas wolbachia juga telah diteliti sejak 2011 yang dilakukan oleh World Mosquito Program (WMP) di Yogyakarta dengan dukungan filantropi yayasan Tahija. Penelitian dilakukan melaui fase persiapan dan pelepasan Aedes aegypti ber-wolbachia dalam skala terbatas pada rentang 2011-2015.

Infografis Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Larangan Turis Asing Pakai Sepeda Motor Sewaan di Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya