Batas Aman Makan Daging Kurban, Jangan Kebanyakan agar Kolesterol Enggak Naik

Jika daging kurban masih ada pastikan untuk makan secukupnya ya alias tidak banyak-banyak biar kolesterol dan tekanan darah terjaga.

oleh Tim Health diperbarui 19 Jun 2024, 17:04 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2024, 08:00 WIB
10 Resep Simpel Tongseng Sapi ala Rumahan, Lezat dan Empuk Merata
Olahan daging kurban seperti tongseng. Boleh makan tapi jangan terlalu banyak ya. Source: Instagram/gheamirrela

Liputan6.com, Jakarta Stok daging kurban masih ada? Jika masih ada pastikan untuk makan secukupnya ya alias tidak banyak-banyak. 

Menurut Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ali Khomsan disarankan makan daging dalam jumlah wajar sekitar 60-70 gram daging sekali makan untuk menghindari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

“Sebanyak-banyaknya makan daging mungkin tetap saja ukurannya tiga porsi makan sehari. Umumnya sekali makan kita mengonsumsi 60-70 gram daging,” kata Ali.

Batas aman mengonsumsi daging merah diperlukan untuk mengantisipasi kenaikan tekanan darah atau kolesterol. Batasan aman konsumsi daging harus benar-benar dipatuhi terlebih bagi yang sudah memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau kolesterol.

Batasi Konsumsi Daging Kurban Berlemak 

Ali juga mengingatkan untuk membatasi konsumsi daging kurban yang berlemak. Hal ini untuk menghindari timbulnya kolesterol.

“Daging yang berlemak jangan terlalu banyak dimakan karena kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang umumnya lebih tinggi,” katanya mengutip Antara

Saat mengonsumsi daging, jangan lupa untuk mengombinasikan dengan sayuran hijau. Kenapa? Sayuran hijau atau yang berdaun hijau biasanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan.

Selain itu, memasak daging menggunakan rempah seperti cabai atau keluak bisa mengurangi dampak buruk lemak daging karena mengandung antioksidan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ragam Olahan Daging Kurban

Dengan stok daging kurban yang masih ada, kini saatnya untuk mencoba berbagai resep masakan yang lezat dan menggugah selera. Salah satu pilihan terbaik adalah resep tumis daging sapi yang mudah dan praktis mengutip Hot Liputan6.com.

1. Resep Tumis Daging Sapi Kecap Pedas

 

Bahan:

1/4 kg daging sapi yang sudah dipresto

3 siung bawang putih, cincang

5 siung bawang merah, cincang

5 buah cabai merah

1 buah cabai hijau

3 buah cabai rawit

1 buah tomat

1 sdt ketumbar

1/2 sdt lada bubuk

2 sdm kecap manis

Secukupnya air

Secukupnya minyak

Secukupnya garam

Secukupnya kaldu

Secukupnya kaldu jamur

 

Cara Membuat Tumis Daging Sapi Kecap Pedas:

1. Panaskan minyak goreng untuk menumis. Masukan bawang merah dan bawang putih, lalu tumis hingga harum dan agak layu. Lalu, masukkan cabai, aduk rata semua bahan.

2. Masukan daging sapi yang sudah dimasak menggunakan panci presto sebelumnya, aduk rata, lalu masukan air hingga daging terendam.

3. Setelah air mendidih, masukkan bumbu, seperti merica, lada, garam, kaldu, dan kaldu jamur, aduk rata, koreksi rasa, tunggu hingga air surut. Setelah itu, angkat dan sajikan dengan nasi hangat.


2. Resep Tumis Daging Sapi Lada Hitam

Bahan-Bahan

1 kg daging sapi

1 bawang bombay

2 bonggol bawang putih

1 botol saori lada hitam

Cabai merah secukupnya

Lada hitam secukupnya

Gula secukupnya

Penyedap rasa

 

Cara membuat:

1. Potong daging dan cuci bersih. Sisihkan.

2. Blender kasar bawang bombay dan bawang putih.

3. Buang biji cabai dan iris tipis.

4. Tumis bawang bombay dan bwang putih. Goreng sampai kuning.

5. Masukkan daging, lada hitam, cabai. Masak sampai daging empuk.

6. Masukkan gula dan penyedap rasa. Koreksi rasa. Sajikan.


Olahan Daging Kambing

1. Tongseng Kambing

Mengolah daging kurban bisa jadi jadi tongseng kambing. Daging kambing yang telah dipotong ditambah dengan kol, tomat, dan kuah yang sudah dibumbui akan menggoyang.

2. Sup Kaki Kambing

Biasanya kaki kambing jarang ada yang mau olah. Padahal kalau pandai mengolahnya, kaki kambing hasil kurban bisa dijadikan sup (sup kaki kambing). Para penikmat sup jangan sampai terlewat dengan olahan masakan ini. Sup kaki kambing bisa disantap selagi hangat bersama nasi. 

3. Kari Kambing

Kari kambing adalah masakan yang populer dalam sajian Asia Tenggara dan Indo-Karibia. Jika mendapat daging kambing kurban, kamu bisa mengolahnya menjadi kari kambing. Sajian kambing berkuah yang ditambah rempah-rempah sangat cocok dinikmati di momen Idul Adha.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya