Alasan Bayi di Bawah 6 Bulan Tidak Boleh Diberi Makan Pisang

Banyak orang tua yang keliru mengira pisang aman diberikan kepada bayi di bawah 6 bulan. Faktanya, memberi makan pisang pada bayi di bawah 6 bulan justru berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan serius.

oleh Fariza Noviani Abidin diperbarui 24 Jun 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 24 Jun 2024, 18:00 WIB
bayi makan pisang
Ilustrasi bayi makan buah pisang | copyright freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai orang tua, tentu kita ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, termasuk dalam hal makanan pendamping ASI (MPASI). Pisang, dengan rasa manisnya yang alami, seringkali dianggap sebagai camilan sehat dan mudah untuk diberikan kepada bayi.

Namun, Titis Prawitasari, SpA(K), selaku Ketua Unit Kerja Koordinasi Nutrisi & Penyakit Metabolik IDAI mengungkap bahaya dari pemberian pisang untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan.

Pisang yang diberikan pada bayi di bawah 6 bulan dapat mengakibatkan benzoar atau massa makanan yang tidak dapat dicerna di saluran pencernaan.

"Jadi dia menutup saluran cerna. Jadi ada sumbatan gitu ya," tutur Titis dalam acara Seminar Awam MPASI IDAI di Jakarta (22/6/2024).

Selain itu, pemberian pisang juga bisa mengakibatkan bayi tersedak karena ia belum mampu memproses tekstur yang terlalu kasar dan solid seperti pisang. 

Titis juga memperhatikan bahwa tidak sedikit ibu yang memberikan pisang tersebut lewat kunyahan. Jadi sang ibu akan mengunyah pisang tersebut dengan maksud untuk menghaluskannya lalu diberikan ke bayi.

"Itu juga ada kemungkinan terjadi transfer infeksi dari si ibu kepada si bayi," jelasnya. Mengingat pula bahwa bayi belum memiliki sistem ketahanan tubuh yang baik sehingga kemungkinan untuk terjadi infeksi akan lebih tinggi.

Oleh karena itu, Titis menyarankan agar bayi di bawah usia 6 bulan hanya diberikan asupan dalam bentuk cairan karena belum memiliki kemampuan yang baik dalam memproses makanan di dalam mulut. "Dia mampunya baru mengisap dan menelan. Belum bisa mengunyah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apakah Bayi Umur 6 Bulan Boleh Makan Pisang?

Pemberian pisang pada bayi yang berumur 6 bulan dikatakan boleh oleh Titis karena memang sudah dikatakan siap. "Tapi yang dibawah itu, misal 2 atau 4 bulan itu sebaiknya tidak dilakukan."

Titis pun menyebutkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan pemberian pisang pada anak dapat dimulai pada usia 6 bulan ke atas. "WHO menganjurkan 6 bulan ke atas. Kenapa? karena sudah siap."

Namun, orangtua tidak dianjurkan untuk menjadikan pisang sebagai satu-satunya makanan untuk anak. Melainkan harus dibarengi dengan asupan nutrisi lainnya. 

"Jadi kalau hanya pisang saja, dari segi komposisi tidak memadai, dari asupan juga tidak memadai. Jadi tidak bisa hanya pisang saja."


Bolehkah Bayi 3 Bulan Dikasih Pisang?

Pemberian pisang pada bayi 3 bulan atau di bawah 6 bulan sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan anak tersedak bahkan menyumbat saluran cerna. 

Bayi di bawah usia 6 bulan disarankan hanya mengonsumsi asupan dalam bentuk cair agar mudah dicerna dan tidak mengakibatkan risiko kesehatan yang serius.

Pemberian pisang sebagai makanan tambahan baru bisa diberikan saat anak sudah berumur 6 bulan ke atas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya