Jangan Sampai Kekurangan, Ini Daftar Vitamin Esensial untuk Perempuan

Vitamin adalah salah satu zat yang esensial untuk menunjang kesehatan tubuh. Bagi wanita, terdapat beberapa vitamin yang spesifik untuk dipenuhi.

oleh Fariza Noviani Abidin diperbarui 26 Jun 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 11:00 WIB
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita
Penting bagi perempuan untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari. (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda mengingat kaum hawa punya peran kompleks mulai dari menstruasi, kehamilan, hingga menyusui.

Oleh karena itu, penting bagi perempuan untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Vitamin merupakan zat gizi mikro yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti metabolisme energi, pembentukan sel darah merah, dan menjaga kesehatan tulang.

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, anemia, dan osteoporosis.

Berikut adalah daftar vitamin yang bagus untuk perempuan, menurut Web MD.

Antioksidan

Vitamin A, C, dan E merupakan kelompok vitamin yang dikenal sebagai antioksidan. Antioksidan berperan penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas, partikel kecil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Radikal bebas dapat dihasilkan oleh tubuh secara alami sebagai respons terhadap stres, polusi, dan sinar matahari. Namun, kelebihan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Berikut beberapa jenis antioksidan dan manfaatnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Beta-karoten: Diubah tubuh menjadi vitamin A, penting untuk penglihatan, jaringan lunak, dan kulit. Ditemukan dalam aprikot, blewah, wortel, jambu biji, kale, pepaya, persik, labu, paprika merah, bayam, dan tomat.
  • Vitamin C: Membantu penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan konsentrasi. Ditemukan dalam brokoli, grapefruit, kiwi, jeruk, paprika, kentang, stroberi, dan tomat.
  • Vitamin E: Menjaga kesehatan sel dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Ditemukan dalam minyak jagung, minyak hati ikan cod, hazelnut, selai kacang, minyak safflower, biji bunga matahari, dan gandum.

Vitamin B

Vitamin B6, B12, dan asam folat adalah tiga jenis vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan tubuh perempuan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Vitamin B6 (piridoksin):

  • Menjaga kesehatan otak dan membantu metabolisme energi.
  • Ditemukan dalam ikan, kentang, kacang arab, alpukat, pisang, kacang-kacangan, sereal, daging, oatmeal, dan unggas.

2. Vitamin B12:

  • Penting untuk metabolisme dan membantu tubuh membuat sel darah merah.
  • Ditemukan dalam keju, telur, ikan, daging, susu, dan yogurt.
  • Orang dewasa yang lebih tua, orang dengan anemia, vegan, dan vegetarian perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan asupan vitamin B12 yang cukup.

3. Asam Folat:

  • Membantu membangun otak dan sumsum tulang belakang yang sehat.
  • Mencegah cacat lahir seperti spina bifida pada janin.
  • Membantu membangun sel darah merah yang normal dan mencegah anemia.
  • Ditemukan dalam bayam, sayuran berdaun hijau, asparagus, buah jeruk, melon, stroberi, biji-bijian yang diperkaya, kacang-kacangan, kacang arab, kacang hitam, kacang merah, telur, dan hati.

Vitamin Apa yang Bagus Untuk Wanita?

Vitamin D bukan hanya vitamin tetapi juga berfungsi sebagai hormon yang membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor, dua mineral penting untuk menjaga kekuatan tulang.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tubuh mengambil kalsium dan fosfor dari tulang, sehingga tulang menjadi tipis dan rapuh. Hal ini meningkatkan risiko osteoporosis, kondisi yang ditandai dengan tulang yang mudah patah.

Sumber vitamin D alami termasuk telur dan ikan, terutama salmon, makarel, dan sarden. Namun, banyak orang dewasa, terutama paruh baya dan lanjut usia, mungkin perlu mendapatkan vitamin D dari makanan yang diperkaya atau suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Manfaat Vitamin D untuk Wanita:

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu meredakan gejala PMS
  • Menurunkan risiko kanker tertentu
  • Meningkatkan fungsi otak

Vitamin K

ilustrasi tulang sehat/unsplash
ilustrasi tulang sehat/unsplash

Vitamin K merupakan vitamin penting yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan membantu pembekuan darah. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti osteoporosis dan mudah memar.

Vitamin K membantu mengatur protein yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Hal ini dapat membantu mencegah osteoporosis, terutama pada wanita pascamenopause.

Sumber makanan terbaik vitamin K adalah sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kale, dan brokoli. Vitamin K juga dapat ditemukan dalam minyak kedelai, alfalfa, dan minyak ikan.

 

Infografis Macam-Macam Diet
Infografis Macam-Macam Diet. (Dok: Liputan6.com/Trisyani)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya