Masker Cokelat, Lezat dan Berkhasiat Bikin Kulit Wajah Glowing Sehat Alami

Dengan kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin, masker cokelat dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 22 Jul 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 09:00 WIB
Contoh ilustrasi dark chocolate atau cokelat hitam
Tips yang bisa kamu ikuti adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam. Cokelat hitam dapat mengurangi perubahan kelembaban pada kulit. (Foto: Unsplash.com/Scarlett Alt)

Liputan6.com, Jakarta - Cokelat tidak hanya enak untuk disantap, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Masker cokelat, khususnya yang menggunakan dark chocolate, kini semakin populer sebagai bagian dari perawatan kulit. Dengan kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin, masker cokelat dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit Anda.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker cokelat yang dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan glowing, dikutip dari berbagai sumber. 

1. Kaya Akan Antioksidan

Cokelat mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Radikal bebas sering kali menyebabkan penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya.

Menurut Dr. Ava Shamban, seorang dermatolog di Beverly Hills, “Antioksidan dalam cokelat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi.”

2. Melembabkan dan Menghidrasi Kulit

Cokelat kaya akan asam lemak esensial yang membantu menjaga kelembapan kulit. Penggunaan masker cokelat secara rutin dapat membantu kulit tetap lembut dan terhidrasi.

“Cokelat hitam mengandung lemak sehat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, menjadikannya lembut dan halus,” kata Dr. Debra Jaliman, seorang dermatolog dari New York.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Flavanol dalam cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih segar dan bercahaya.

“Peningkatan sirkulasi darah berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi yang mencapai kulit, yang dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit,” ungkap Dr. Doris Day, seorang dermatolog di New York.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Mengurangi Peradangan dan Kemerahan

 

Cokelat memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap kondisi seperti rosacea dan jerawat.

Menurut Dr. Howard Sobel, seorang dermatolog dari New York, “Kandungan anti-inflamasi dalam cokelat dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi dan meredakan kemerahan.”

 


5. Mengencangkan dan Menghaluskan Kulit

Masker cokelat juga dikenal dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Vitamin dan mineral dalam cokelat, seperti vitamin A, B, C, dan E, bekerja bersama untuk memperbaiki dan merevitalisasi kulit.

“Penggunaan rutin masker cokelat dapat membantu menghaluskan kulit dan membuatnya tampak lebih muda,” kata Dr. Rachel Nazarian, seorang dermatolog dari New York.

6. Detoksifikasi Kulit

Cokelat mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan seng yang dapat membantu detoksifikasi kulit. Mineral ini membantu menghilangkan kotoran dan racun dari kulit, menjadikannya bersih dan segar.

Dermatolog dari New York, Dr. Joshua Zeichner menyatakan, “Masker cokelat dapat membantu membersihkan pori-pori dan menghilangkan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo.”

 


Resep Masker Cokelat

Anda dapat dengan mudah membuat masker cokelat sendiri di rumah dengan beberapa bahan sederhana.

Bahan:

  • 2 sendok makan cokelat bubuk tanpa pemanis
  • 1 sendok makan yogurt alami
  • 1 sendok teh madu
  • Beberapa tetes minyak kelapa (opsional)

Cara Membuat:

  • Campurkan semua bahan dalam mangkuk hingga membentuk pasta halus.
  • Oleskan masker pada wajah yang bersih, hindari area mata.
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan lembut.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya