3 Manfaat Memelihara Kucing, Lebih dari Sekadar Anabul Peliharaan

Memeliharan kucing bisa memberikan sejumlah manfaat, dan telah terbukti secara ilmiah bahwa kucing bisa membuat seseorang merasa lebih baik.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 23 Jul 2024, 08:00 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 08:00 WIB
Kucing Siamese
Manfaat Memeliharan Kuicng. (Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Memeliharan kucing bisa memberikan sejumlah manfaat, dan telah terbukti secara ilmiah bahwa kucing bisa membuat seseorang merasa lebih baik.

Kristyn Vitale, Ph.D., pakar interaksi kucing-manusia dan profesor di Unity College di Maine, mengatakan bahwa menghabiskan waktu dengan kucing dapat meredakan debaran detak jantung serta tekanan darah sistolik dan diastolik pemiliknya.

"Dengan kata lain, kucing bisa membantu Anda rileks," kata Vitale.

Berinteraksilah dengan kucing Anda untuk membangun ikatan yang kuat. Bukan hanya tentang memiliki kucing di rumah, kata Monique Udell, Ph.D., seorang ahli perilaku hewan dan profesor di Oregon State University.

"Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa membelai kucing dapat mengurangi stres. Merawat, melatih, atau bermain dengan kucing Anda juga bisa membantu," kata Udell.

Menurut Vitale, banyak orang meremehkan pentingnya perilaku sosial bagi anabul. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa kucing mencari interaksi dari manusia.

"Faktanya, hubungan yang mereka bentuk dengan kita mirip dengan hubungan antara bayi dan orang tua," kata Udell dan timnya yang telah mempelajari subjek tersebut.

Berikut ini informasi lebih lanjut tentang manfaat memelihara kucing, seperti dilansir dari Shape pada Senin, 22 Juli 2024.

1. Meningkatkan Suasana Hati

Vitale mengatakan penelitian telah menemukan bahwa berinteraksi dengan kucing dapat mengurangi perasaan negatif, seperti ketakutan atau kecemasan.

"Penelitian lain menunjukkan bahwa kucing dapat menjadi sumber kenyamanan," tambahnya. Dalam sebuah penelitian, bahkan orang-orang melaporkan merasa lebih positif dan berenergi setelah menonton video kucing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Memelihara Kucing Menciptakan Rutinitas dan Tujuan

Ilustrasi memandikan kucing
Ilustrasi memandikan kucing. (Photo Copyright by Freepik)

Menurut Vitale, memelihara kucing dapat membantu Anda menciptakan rutinitas harian dan menetapkan tujuan.

"Kucing yang bergantung pada Anda untuk makanan, mandi, dan perawatan lainnya bisa menjadi motivasi untuk mengatur aktivitas sehari-hari dan memberi Anda tujuan," ujarnya.

Penting untuk fokus pada memperkuat ikatan antara Anda dan kucing, karena sma seperti manusia, kucing juga memiliki preferensi masing-masing.

"Beberapa kucing suka dibelai, sementara yang lain lebih senang hanya berada di samping pemiliknya," kata Vitale.

Untuk menemukan cara terbaik berinteraksi dengan kucing, cobalah berbagai metode. Anda bisa bermain dengan mainan yang menarik bagi kucing, membelai bulunya, menyisirnya, atau bahkan hanya berbicara dengannya.

Dengan cara ini, Anda dan kucing akan merasakan efek positif.


3. Memberikan Rasa Keterhubungan

Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing. Photo by Freepik

Vitale mengungkapkan bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa memelihara kucing bisa membantu mengurangi rasa kesepian.

Ini masuk akal karena kucing menawarkan persahabatan dan kehadiran yang menenangkan, bahkan ketika mereka hanya duduk di dekat Anda saat bekerja atau melakukan sesuatu.

Kehadiran kucing juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Kucing bisa membantu Anda merasa lebih terhubung dan tenang, terutama saat merasa sendirian.

Udell menambahkan kini lebih banyak orang yang lebih menghargai hubungan dengan hewan peliharaan.

"Kita telah belajar untuk lebih menghargai hubungan dengan hewan peliharaan sekarang," katanya.

Selama masa pandemi, Udell mengatakan banyak orang mulai lebih menghargai hubungan mereka dengan hewan peliharaan.

"Kucing membawa kegembiraan dan kenyamanan yang sangat berarti dalam hidup, terutama ketika menghadapi masa-masa sulit," tambah Udell.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya