Makan 1 Buah Alpukat Sehari Bermanfaat Bikin Jantung Sehat

Penelitian terbaru menemukan, mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari dikaitkan dengan manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kualitas tidur dan pola makan.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 25 Jul 2024, 08:27 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 06:00 WIB
Gambar Ilustrasi Buah Alpukat
Alpukat Sumber: Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Selain apel, rupanya ada satu buah lain yang disebut bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi setiap hari. Hal ini didukung oleh riset terbaru.

Penelitian terbaru menemukan, mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari dikaitkan dengan manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kualitas tidur dan pola makan.

"Kami mengetanui dari penelitian sebelumnya bahwa asupan alpukat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular," ujar peneliti pascadoktoral Penn State University, Dr Janhavi J. Damani yang terlibat dalam penelitian ini pada Healio.

Penelitian yang belum lama ini dipresentasikan dalam konferensi Nutrition 2024 di Chicago didasarkan pada penelitian terdahulu yang meneliti manfaat alpukat bagi kesehatan. Dalam penelitian tersebut, menunjukkan bahwa alpukat dapat "memperbaiki faktor risiko kardiovaskular dengan mengurangi kolesterol total dan LDL-C tanpa berdampak buruk pada berat badan,"demikian menurut Damani, dilansir New York Post.

Untuk penelitian saat ini, tim peneliti melakukan analisis terhadap Habitual Diet and Avocado Trial (HAT), yang melibatkan lebih dari 1.000 peserta yang dipilih secara acak untuk mengonsumsi satu buah alpukat per hari selama 6 bulan atau mengikuti pola makan khas mereka, namun makan kurang dari dua per bulan.

Dalam analisisnya, tim Damani menilai dampak konsumsi alpukat setiap hari terhadap kesehatan jantung penderita obesitas perut, menurut Healio.

Dengan memanfaatkan Life's Essential 8 dari American Heart Association – sebuah pedoman untuk kesehatan kardiovaskular – tim mengevaluasi sampel 969 orang dari HAT untuk mengetahui kualitas makanan, glukosa darah, tekanan darah, BMI, lipid darah, aktivitas fisik dan kesehatan tidur, yang berperan penting. dalam kesehatan kardiovaskular. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konsumsi Alpukat Perbaiki Kualitas Tidur dan Lipid Darah

Mereka menemukan bahwa skor kesehatan kardiovaskular menurun pada mereka yang mempertahankan gaya hidup dan tidak mengonsumsi alpukat, sementara “tren tidak terlihat pada kelompok yang mengonsumsi suplemen alpukat,” kata Damani kepada Healio.

Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan dalam skor LE8 antar kelompok, orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari mengalami peningkatan dalam skor kesehatan tidur, kualitas makanan, dan lipid darah, seperti kolesterol.

“Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa, lebih dari sekedar menggabungkan makanan individu, ada dorongan untuk mengadaptasi pola makan sehat untuk mencapai perbaikan yang relevan secara klinis dalam faktor risiko kardiovaskular,” kata Damani.

 


Dorong Penelitian Lebih Lanjut

Penelitian yang didanai oleh Hass Avocado Board ini berpotensi memacu penelitian lebih lanjut mengenai “hubungan kompleks” antara makanan tertentu dan kesehatan jantung.

Sementara itu, dia mengatakan kepada Healio bahwa penyedia layanan kesehatan harus “lebih menekankan pada peningkatan kualitas makanan melalui perubahan yang bermanfaat dalam pola makan secara keseluruhan.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya