Keajaiban Air Susu Ibu, ASI Eksklusif Dukung Tumbuh Kembang Bayi Secara Optimal

Kandungan ASI secara alami dirancang guna memenuhi kebutuhan gizi bayi.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 26 Agu 2024, 20:32 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 20:00 WIB
Tips Diet Ibu Menyusui
Ilustrasi Tips Diet Ibu Menyusui / Freepik by freepic.diller

Liputan6.com, Jakarta - Air Susu Ibu (ASI) tak ubahnya anugerah alami yang tidak tergantikan bagi bayi baru lahir hingga usia enam bulan. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang kesehatan, pentingnya memberi ASI eksklusif pada bayi semakin diakui, terutama guna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal.

Dokter spesialis anak dari RS EMC Pekayon dr Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, M.Kes mengatakan ASI merupakan sumber nutrisi terbaik yang dapat diberikan ibu kepada bayinya.

Citra menjelaskan, kandungan ASI secara alami dirancang guna memenuhi kebutuhan gizi bayi.

"ASI mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, serta zat kekebalan tubuh yang mendukung perkembangan bayi secara optimal, terutama selama 6 bulan pertama," jelas Citra dalam program Healthy Monday "ASI Eksklusif, Cegah Stunting Sejak Dini", Senin, 26 Agustus 2024.

Keajaiban lain dari manfaat ASI yakni kamampuan adaptifnya yang luar biasa. Citra mengatakan, komposisi ASI dapat berubah sesuai dengan kebutuhan bayi pada waktu yang berbeda.

"Karena ASI itu dibuat benar-benar persis seperti kebutuhan anak. Jadi misalnya bayi yang prematur dan bayi yang cukup bulan itu kandungan kalorinya (dalam ASI) berbeda, kandungan lemaknya berbeda. Bahkan di bayi yang sama, ASI pagi hari sama ASI malam hari itu berbeda.jadi kalau ASI di malam hari itu biasanya lebih banyak zat-zat untuk membuat tenang, lebih gampang tidur," Citra mencontohkan.

Hal tersebut menunjukkan betapa canggihnya ASI dalam merespons kebutuhan spesifik bayi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


ASI Perkuat Imunitas Bayi

dr Citra
dr Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC, M.Kes dari RS EMC Pekayon dalam sesi talkshow Healthy Monday: ASI Eksklusif, Cegah Stunting Sejak Dini.

Selain memiliki komposisi nutrisi yang luar biasa, ASI juga berperan penting dalam memperkuat sistem imunitas atau daya tahan tubuh bayi. Kandungan zat-zat antibodi dalam ASI melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi seperti diare maupun infeksi pernapasan, yang umum terjadi pada bayi baru lahir.

"ASI eksklusif itu penting karena dia memberikan nutrisi dan kekebalan tubuh yang sesuai dengan kebutuhan individu anaknya, benar-benar (diproduksi) secara personal untuk anaknya," jelas Citra.

Tidak hanya bermanfaat bagi bayi, memberikan ASI eksklusif juga memberikan dampak positif bagi sang ibu. Menurut Citra, proses menyusui membantu ibu kembali ke bentuk tubuh semula lebih cepat, serta menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium di kemudian hari.

 


Hal yang Perlu Diperhatikan agar ASI Berkualitas

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan oleh para ibu menyusui, yaitu pola makan dan hidrasi yang seimbang.

"Kualitas ASI ibu sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisinya sendiri," tegas Citra.

Ibu menyusui membutuhkan tambahan sekitar 500 kalori per hari, serta asupan nutrisi penting seperti zat besi, vitamin C, dan asam folat untuk mendukung produksi ASI yang berkualitas. Demikian pula dengan asupan cairan agar ibu tetap terhidrasi dengan baik.

"Untuk menghasilkan kualitas ASI yang cukup, pastikan ibu (dalam keadaan sehat), makan makanan bergizi, dan jangan kurang minum," ungkapnya.

Dengan memberikan ASI eksklusif, ibu tidak hanya memberikan nutrisi terbaik bagi bayinya, tetapi juga menciptakan ikatan emosional yang kuat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya