Bisa Cegah Serangan Jantung, Ketahui Manfaat CT Calcium Score

Pemeriksaan jantung secara rutin bisa membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Salah satu jenis pemeriksaan adalah CT Coronary with Calcium Score atau CT Calcium Score.

oleh Gilar Ramdhani pada 02 Okt 2024, 22:07 WIB
Diperbarui 02 Okt 2024, 22:07 WIB
Bisa Cegah Serangan Jantung, Ketahui Manfaat CT Calcium Score
Pasien wanita yang menjalani CT Scan di Rumah Sakit. (Kaliantye/depositphotos.com)

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan zaman dan teknologi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang kesehatan. Salah satu inovasi yang signifikan dalam dunia medis adalah CT Calcium Score. Ini adalah teknik pencitraan yang digunakan untuk mengukur jumlah kalsium dalam pembuluh darah koroner, yang bertujuan untuk menilai risiko seseorang mengalami penyakit jantung.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Paskalis Indra Suryajaya, Sp.JP, FIHA dari RS EMC Grha Kedoya mengatakan jantung merupakan salah satu organ vital yang memiliki peran sangat penting dalam sistem peredaran darah manusia. Karena itu setiap orang harus selalu menjaga dan memperhatikan kesehatannya. Jika tidak, akan ada beragam penyakit jantung yang menyerang. 

Ada banyak cara yang bisa masyarakat lakukan untuk membuat jantung tetap sehat, mulai dari konsumsi makanan sehat, olahraga secara rutin hingga melakukan pemeriksaan medis. Salah satunya dengan CT Calcium Score.

"Pemeriksaan jantung secara rutin bisa membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Salah satu jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah CT Coronary with Calcium Score atau yang kerap disebut secara singkat sebagai CT Calcium Score / Uji Skor Kalsium," kata dr. Paskalis Indra.

dr. Paskalis Indra menjelaskan kadar kalsium dalam darah dapat menjadi salah satu pertanda apakah terdapat penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah yang berpotensi mengakibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah koroner. Artinya, seseorang mungkin menderita aterosklerosis (penyakit jantung koroner), yang dapat berujung pada kejadian serangan jantung.

"Manfaat utama pemeriksaan CT Calcium Score jantung adalah melihat penumpukan kalsium pada pembuluh darah jantung yang menandakan adanya risiko penyakit jantung koroner (PJK). Dengan kata lain, pemeriksaan CT Calcium Score jantung bermanfaat sebagai upaya skrining dan membantu pencegahan dini kejadian serangan jantung bahkan sejak gejalanya belum muncul," jelasnya.

Manfaat Pemeriksaan CT Calcium Score untuk Jantung

Manfaat Pemeriksaan CT Calcium Score untuk Jantung
Pasien wanita yang menjalani CT Scan di Rumah Sakit. (torwaiphoto/depositphotos.com)

Berikut ini adalah beberapa manfaat pemeriksaan CT Calcium Score jantung untuk pemantauan kesehatan jantung.

1. Mengetahui risiko adanya penyakit jantung koroner

dr. Paskalis Indra mengatakan CT Calcium Score jantung paling tepat dilakukan saat seseorang tidak tahu apakah ia punya risiko penyakit jantung atau tidak.

"Prosedur ini juga sebaiknya dilakukan ketika seseorang belum merasakan gejala penyakit jantung. Sebab, pemeriksaan ini bisa membantu menentukan seberapa tinggi risiko Anda terhadap penyakit jantung koroner," ujarnya.

dr. Paskalis Indra memberikan contoh hasil pemeriksaan CT Calcium Score jantung Anda menunjukkan angka 0-10, hal ini berarti Anda hampir tidak mungkin mengalami serangan jantung akibat penyakit jantung koroner, setidaknya hingga 5 tahun mendatang.

Sementara, jika hasil pemeriksaan menunjukkan hasil positif dengan angka di atas 100, Anda berisiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung. Sekitar sepertiga orang yang memiliki nilai tes kalsium score di atas 1.000 mengalami serangan jantung dalam kurun waktu 3 tahun.

2. Membantu dokter menentukan pengobatan

dr. Paskalis Indra menjelaskan pemeriksaan CT Calcium Score jantung sangat penting bagi dokter untuk dapat menentukan pengobatan, seperti menentukan untuk memulai pengobatan pengencer darah dosis rendah atau tidak, khususnya pada orang yang mungkin memiliki risiko penyakit jantung.

"Biasanya, CT Calcium Score jantung diperlukan untuk orang yang menolak pengobatan jantung dosis rendah tertentu tapi ingin tahu seberapa berisiko mereka terhadap penyakit jantung. Apabila hasil CT Calcium Score jantung baik, maka dokter mungkin hanya akan meminta pasien mempertahankan gaya hidup sehat untuk menjaga risikonya tetap rendah," jelasnya.

Akan tetapi ada hal penting yang perlu dipahami, jika ada peningkatan risiko, dokter mungkin akan mempertimbangkan pengobatan penyakit jantung dosis rendah untuk mencegah serangan jantung.

3. Mengetahui kondisi jantung

Sering kali, gejala penyakit jantung tidak terdeteksi sampai akhirnya kondisi memburuk. Begitu gejala terasa, seperti nyeri dada, umumnya kondisi jantung dan pembuluh darahnya mungkin sudah mengeras atau menyempit.

"Melakukan pemeriksaan CT Calcium Score jantung dapat membantu Anda mengetahui kondisi jantung sebelum gejalanya muncul, apalagi memburuk. Menjalani pemeriksaan CT Calcium Score jantung secara rutin 3-5 tahun sekali bisa mengetahui apakah Anda masih berisiko rendah terhadap penyakit jantung atau justru sudah meningkat," kata dr. Paskalis Indra.


Siapa Saja yang Harus Menjalani CT Calcium Score?

Siapa Saja yang Harus Menjalani CT Calcium Score?
Pasien wanita yang menjalani CT Scan di Rumah Sakit. (Romaset/depositphotos.com)

CT Calcium Score dapat membantu dokter dalam membuat keputusan pengobatan bagi orang-orang dengan risiko penyakit jantung, terutama pada kelompok usia antara 40 hingga 70 tahun, yang tidak memiliki gejala.

Orang-orang yang berisiko tinggi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga.
  • Merokok
  • Memiliki riwayat kolesterol tinggi, diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Memiliki berat badan berlebih (indeks massa tubuh, atau BMI, lebih tinggi dari 25) atau obesitas (BMI lebih tinggi dari 30).
  • Memiliki gaya hidup yang tidak sehat

Proses Pemeriksaan CT Calcium Score

dr. Paskalis Indra menerangkan CT Calcium Score dilakukan dengan menggunakan mesin CT-scan konvensional untuk memindai jantung Anda, lengkap dengan pembuluh darah di sekitarnya. Tes ini dilakukan tanpa perlu menggunakan zat kontras pewarna, sehingga tidak perlu dilakukan pemasangan akses infus.

"Pada saat pemindaian, area di pembuluh darah koroner Anda yang mengalami kalsifikasi akan langsung terlihat pada hasil pemindaian dan diproses secara komputerisasi untuk menghasilkan angka total Calcium Score. Tindakan ini hanya memerlukan waktu beberapa menit, yakni sekitar 10 sampai 15 menit," terangnya.

Arti Hasil Tes CT Calcium Score

Setelah pemeriksaan CT Calcium Score selesai, beberapa saat kemudian akan muncul nilanya.Hasil CT Calcium Score di atas nilai nol menunjukkan bahwa terdapat pengapuran/kalsifikasi pada dinding pembuluh darah jantung Anda. Artinya, Anda menderita penyakit jantung koroner.

Anda juga akan mendapatkan angka yang menunjukkan berapa banyak kalsium yang ditemukan, dengan rentang dari nol hingga lebih dari 1.000.

"Skor yang semakin tinggi menunjukkan bahwa Anda berisiko terkena serangan jantung yang lebih tinggi juga," sebut dr. Paskalis Indra.

Setelah mengetahui hasil CT Calcium Score, penyedia layanan kesehatan dan dokter akan mempertimbangkan hasilnya bersama dengan faktor risiko lainnya untuk menentukan seberapa besar risiko pasien terhadap penyakit arteri koroner di masa mendatang. Faktor risiko lainnya termasuk riwayat keluarga, kebiasaan gaya hidup, dan kondisi medis yang Anda miliki juga mempengaruhi hasil skor kalsium tersebut.

Pemeriksaan CT Calcium Score adalah pengujian cepat dan noninvasif yang dapat membantu dokter dan penyedia layanan kesehatan membuat keputusan tentang kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Jika Anda ingin mengetahui kesehatan jantung atau ternyata memiliki riwayat jantung dan ingin melakukan pemeriksaan CT Calcium Score, dapat segera berkonsultasi konsultasikan ke Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Paskalis Indra Suryajaya, Sp.JP, FIHA yang berpraktek di RS EMC Grha Kedoya setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Pusat Kontak Layanan RS EMC di 150-789 atau melalui WhatsApp di nomor 021-29779977. 

Anda juga dapat mendownload EMCare by EMC Healthcare, aplikasi yang dirancang untuk para pelanggan setia EMC Healthcare agar dapat mempermudah mengakses segala fasilitas dan informasi kesehatan dari EMC Healthcare.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya