Agar Anak Kreatif, Ini yang Perlu Orangtua Lakukan!

Anak kreatif butuh dukungan orang-orang sekitarnya terutama orangtua. Apa yang perlu dilakukan sebagai orangtua agar anak Anda kreatif?

oleh Kusmiyati diperbarui 28 Jul 2013, 09:00 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2013, 09:00 WIB
anak-keatif130726a.jpg
Berekspresi sesuai dengan imajinasi dapat diwujudkan anak dengan beberapa cara ada lewat gambar, atau kerajinan tangan lainnya.

Menurut Salah satu pemilik Kutakkatik Art and Craft Class, Raya Pradiono setiap anak memiliki bentuk kreativitas yang berbeda.

"Kreativitas anak ada yang memang sudah bakatnya adapula yang belum, ini perlu diasah," ujar Raya saat diwawancarai Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (28/7/2013).

Peran orangtua menurut Raya diantaranya :
  • Mengajak anak agar dapat lebih berani berekspresi dan bereskplorasi tanpa harus memikirkan nilai atau mempunyai rasa takut atau malu
  • Memantau sambil memberikan masukan atau arahan yang kiranya diperlukan tanpa memaksa anak mengikuti saran kita
  • Memberikan ruang agar anak bebas atau bisa dengan tenang mengeluarkan idenya dan menggunakan imajinasi seluasluasnya
  • Jangan memarahi anak ketika ia sedang mengeskplor dunianya tapi berikan pengertian
  • Memberikan pujian atau penghargaan yang simple dengan kata– kata sederhana ketika anak berhasil mencapai atau membuat sesuatu.
Mengasah kreativitas anak dapat dengan melakukan kegiatan yang menarik yakni dengan berkreasi dengan menyediakan bahan yang dapat membantu merangsang kreatifitas anak.

"Tidak perlu baru dan mahal, manfaatkan barang bekas, hal ini juga mengajarkan anak untuk tidak bersifat konsumtif dan cinta lingkungan," tuturnya.

Selain itu melakukan permainan yang kreatif dimana seluruh fisik‐motorik, kognitif, bahasa, emosi, dan sosial anak dapat terintegrasi dengan baik dapat meningkatkan kreatifitas anak.

(Mia/Abd)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya