Rahasia Kenapa Semangka Bagus untuk Atlet dan Olahragawan

Para ilmuwan meneliti dan menemukan jus semangka memiliki kandungan antiokisdan dan berpotensi meningkatkan protein otot dan perform

oleh Gabriel Abdi Susanto diperbarui 25 Agu 2013, 08:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2013, 08:00 WIB
jus-semangka130219c.jpg
Anda yang gemar berolahraga berat dan melakukan aktivitas luar biasa perlu tahu temuan ini. Jus semangka disebutkan para peneliti dapat meredakan nyeri otot usai latihan. Ini terjadi karena asam amino L-citrulline yang ditemukan dalam semangka yang dapat memangkas masa penyembuhan dan meningkatkan performa para atlet.

Jus semangka sudah lama populer di kalangan olahragawan, namun baru sekarang alasan itu nampak jelas dan bisa dimengerti.

Dalam sebuah laporan yang dipublikasi di Jurnal Agricultural and Food Chemistry dan dikutip dari Dailymail, Sabtu 924/8/2013) para ilmuwan menyebutkan bahwa mereka sudah meneliti dan menemukan bahwa jus semangka memiliki kandungan antiokisdan dan berpotensi meningkatkan protein otot dan performa para atlet.

Meski begitu, ini adalah pertama kalinya para ilmuwan mengekslorasi efektiitas jus semangka yang kaya dengan L-citrulline. Tim yang dipimpin Encarna Aguatyo dari Technical University of Cartagena, Spanyol ini menguji jus semangka segar, jus semangka yang kaya L-sitrulline dan minuman lain yang tidak mengandung L-citulline.

Minuman ini diberikan pada para relawan ini beberapa jam sebelum latihan. Ternyata baik jus yang kaya L-citrulline maupun yang biasa berpengaruh sama pada para atlet, yakni meredakan nyeri otot.

L-citrulline dalam jus semangka yang segar kelihatannya cukup mudah diterima tubuh. Atau dengan kata lain, Anda lebih baik mengonsumsinya. Diyakini, dengan mengonsumsinya, bahan alami yang menyebabkan Anda capai akibat kelelahan yang disebut asam laktat dapat dipecah. Asam laktat adalah komponen yang selama ini membuat kita merasa pegal, capai, nyeri otot.

Jadi, tak heran bila pada penelitian sebelumnya, semangka juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung dengan cara menghentikan pembentukan koleterol jahat.

Penelitian yang diterbitkan oleh Universtas Purdue di Amerika Serikat menemukan bahwa semangka memangkas kadar kolesterol jahat (LDL) yang menghambat dan menutupi pembuluh darah sehingga darah sulit atau tidak bisa mengalir. Para ilmuwan juga menemukan konsumsi semangka secara teratur dapat membantu mengontrol berat badan Anda dan rendahnya deposit lemak dalam pembuluh darah. Mereka juga percaya, bahwa rahasia semangka ada di kandungan citullinenya.

(Abd)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya